SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Indah Serahkan Bantuan Bencana Angin Puting Beliung

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Senin , 22 Februari 2016 18:27

MASAMBA,RAKYATSULSEL.COM – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, memberikan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Teteuri Kecamatan Sabbang, yang terjadi pada tanggal 16 Februari lalu. Dimana kejadian tersebut menimpa total 66 rumah warga, 4 diantaranya rusak parah dan harus ditinggal oleh penghuninya ke tenda pengungsian yang telah disiapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Senin (22/2).

Bantuan yang diberikan kepada warga Teteuri yang tertimpa musibah tersebut, berupa Family Kit dan sembako dari dinas sosial. Serta bantuan berupa higiene kit dari Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu Utara. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, kepada warga yang tertimpa musbah tersebut.

Usai penyerahan bantuan, Indah yang didampingi beberapa anggota DPRD Lutra juga langsung meninjau lokasi yang terkena dampak dari terjadi bencana angin puting beliung tersebut. Saat melihat langsung rumah yang hancur akibat angin puting beliung itu, Indah tak lupa memberi semangat dan menghibur warga yang terkena bencana itu.

“Pemerintah telah memberikan bantuan ini kepada seluruh masyarakat Teteuri yang terkena musibah ini, selain dari pemerintah melalui dinas Sosial ada juga bantuan dari PMI. Untuk menghadapi situasi seperti ini kepala Desa dan BPBD harus melakukan asessment yang kuat agar data itu bisa kita sampaikan kepada pemerintah pusat. Sehingga bantuan dapat juga kita dapatkan dari pemerintah pusat melalui program oncall,” jelas Indah

Indah meminta kepada Kepala Desa dan Warga agar senantiasa waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana. Karena dari hasil laporan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (GMKG) bahwa Elnino diperkirakan hingga bulan Juni mendatang.

“Kita harus tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya angin puting beliung ini, karena info dari BMKG diperkirakan Elnino bisa terjadi hingga bulan Juni. Jadi pak desa dan warga disini, harus tetap waspada,” Pesan Indah.

Menurutnya, pemerintah daerah juga akan segera menyiapkan rencana mitigasi bencana, arena selama ini memang Luwu Utara belum mempunyai rencana mitigasi yang baik. Sehingga dalam penanganan bencana belum berjalan sebagaimana mestinya.


div>