SABTU , 18 NOVEMBER 2017

Indonesia Hajar Filipina 3-0 di Hari Kemerdekaan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 17 Agustus 2017 22:57
Indonesia Hajar Filipina 3-0 di Hari Kemerdekaan

Timnas Indonesia berhasil membantai Filipina 3-0 (Rexona.id)

MALAYSIA – Timnas Sepak Bola Indonesia berhasil memberi kebanggaan pada laga kedua SEA Games 2017 menghadapi Filipina. Dihelat tepat 17 Agustus 2017 dimana menjadi hari kemerdekaan RI yang ke-72, Indonesia berhasil menang telak 3-0.

Hasil ini membuat Indonesia berhasil mengumpulkan empat poin dari dua tim kuat di Grup B. Ini membuat mereka punya peluang besar lolos ke babak berikutnya, karena sisa lawan yang kuat mungkin hanya Vietnam.

Timnas mengubah taktik secara signifikan pada laga ini. Ketika Garuda Muda tampil sangat atraktif dan menyerang menghadapi Thailand, kali ini Luis Milla mengubah sistem.

Memainkan pola 4-5-1, Indonesia bermain lebih lambat bahkan terbilang pragmatis. Mereka lebih lama memainkan bola di daerah sendiri untuk membawa Filipina keluar dari permainan.

Hal ini berbuah hasil. Serangan cepat Indonesia lewat sisi kanan yang diawali oleh aksi Putu Gede yang melakukan umpan tarik, diselesaikan dengan sempurna oleh Septian David Maulana pada menit keenam. Ini menjadi gol kedua sang pemain setelah pada laga pertama juga mencetak gol lewat titik putih.

Sedang unggul, Indonesia tak terburu-buru dan terlihat lebih ingin mengamankan posisi. Filipina beberapa kali melakukan serangan frontal tapi selalu terpental karena lini belakang Indonesia yang begitu solid.

Indonesia hanya sesekali melakukan serangan ketika pertahanan Filipina terbuka. Kesabaran ini berbuah hasil pada akhir babak pertama.

[NEXT-RASUL]

Ezra Walian yang sepanjang babak pertama tak memperlihatkan kontribusi menjadi salah satu faktor gol kedua Indonesia pada menit ke-45 +2.

Ezra yang turun membuat kombinasi umpan apik dengan David Maulana yang kali ini memberikan assist cantik kepada Hargianto sang pencetak gol kedua. Babak pertama berakhir skor 2-0 untuk Indonesia.

Pada babak kedua, Indonesia masih memainkan tempo dan mencoba mempertahankan kondisi. Indonesia bermain disiplin dan efektif.

Peluang mereka pun langsung menjadi gol ketiga pada menit ke-50. Kali ini giliran Saddil Ramdani yang membuat gol melalui sepakan keras dari luar kotak penalti.

Indonesia semakin santai dan lebih memilih menguasai penguasaan bola dan memutar bola. Filipina yang terlihat kewalahan tak bisa melakukan apa-apa.

Sayangnya, beberapa peluang yang dibuat Indonesia pada 10 menit akhir laga tak berujung pada gol. Skor akhir menjadi 3-0 untuk Indonesia.

Indonesia (4-5-1): Kurniawan Kartika Ajie; Rezaldi Hehanusa, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, dan I Putu Gede; Hargianto (Hanif Sjahbandi 64′), Evan Dimas, Septian David Maulana (Osvaldo Haay 72′), Saddil Ramdani (Asnawi Mangkualam 83′), Yabes Roni; Ezra Walian.

[NEXT-RASUL]

Filipina (4-5-1): Ray Joseph; Jarvis Jordan, Junell Mark, Julian Mariano, Joshua Jake; Daniel Bernan, Yoshiharu Koizumi, Kou Ichi Belgira, Christian Lapas, Jeremiah Borlongan; Javier Augustine

(rap/JPC)


div>