KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Ingin Langsing? Makanan-makanan Berikut Bisa Membantu Anda

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 27 Desember 2016 09:41
Ingin Langsing? Makanan-makanan Berikut Bisa Membantu Anda

Apel lebih lama dicerna dan memicu perasaan perut penuh. foto: int

JAKARTA – Makanan sempurna mungkin bisa diartikan sebagai makanan lezat, sehat, dan mampu bikin Anda kenyang dalam jangka waktu lama. Bila Anda kenyang dalam jangka waktu lama, kemungkinan untuk mengemil pun berkurang.
Artinya, risiko tubuh melar pun menipis.

Lantas, adakah makanan seperti itu? ”Ada,” kata Dr. David Katz, founder Pusat Penelitian Pencegahan Universitas Yale seperti dilansir dari CNN.

Dari berbagai jenis makanan, ditambahkan Barbara Rolls, penulis buku The Ultimate Volumetrics Diet, makanan mengandung serat dan protein bisa membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

“Makanan-makanan tersebut bisa dimakan dalam jumlah lebih banyak tanpa menaikkan berat badan,” kata Rolls.

Berikut beberapa daftar makanan-makanan tersebut:

Kentang – Makanan ini adalah jagoan melawan lapar. Dalam penelitian atas kepuasan terhadap 38 makanan, termasuk beras cokelat dan roti gandum utuh, kentang panggang menjadi makanan yang paling bikin perut kenyang. Dan selama dua jam setelah makan kentang, keinginan untuk makan lebih banyak cenderung berkurang. Dipanggang atau direbus, kentang selain mengandung karbohidrat juga kaya vitamin, serat, dan nutrisi lain. Ingin lebih kenyang? Makan kentang tanpa mengupas kulitnya.

Sup Kedele – Sup adalah makanan kaya air. ”Artinya, bakal bikin perut penuh dengan kalori sedikit,” kata Rolls. Untuk mendapatkan yang terbaik, bikinlah kuah sup dari kedele itu.

[NEXT-RASUL]

Telur – Studi dari Universitas Saint Louis menemukan kalau mereka yang makan telur untuk sarapan bakal mengonsumsi 330 kalori lebih rendah dibanding mereka yang makan roti. ”Telur adalah makanan dengan protein komplet. Ada sembilan asam amino yang tidak bisa dibikin tubuh ada di telur,” kata Joy Dubost, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. ”Begitu dicerna, asam amino itu memicu pelepasan hormon yang menekan nafsu makan,” sambungnya.

Greek yogurt – Yogurt berdasar penelitian adalah makanan yang melenyapkan lemak. ”Greek yogurt yang disaring untuk menghilangkan whey cair mengandung protein dan sedikit gula dibanding yogurt biasa,” kata Dubost.

Apel – Buah ini mengandung pektin yang secara alami memperlambat pencernaan dan menciptakan perasaan penuh. Nyatanya, mereka yang makan apel sebagai bagian dari menu harian merasa lebih puas dan makan lebih sedikit dibanding mereka yang tidak. ”Apel utuh butuh waktu lama untuk dicerna dan kalorinya sedikit,” ujar Susan Roberts, profesor nutrisi dari Universitas Tufts. Dengan begitu, tubuh Anda punya waktu lebih untuk mengatakan kepada otak kalau Anda lapar.

Popcorn – Tanpa tambahan apa-apa, seperti keju, mentega, atau gula, kalori popcorn sangat sedikit. Contohnya, tiga gelas popcorn tawar hanya punya 90 kalori. Keripik singkong dengan 90 kalori hanya sebanyak sepertiga gelas. ”Popcorn butuh tempat banyak di perut. Dan melihat sebanyak itu popcorn membantu Anda merasa penuh begitu popcorn itu habis,” ujar Rolls. (jpg)


div>