Ingin Sukses, Ini Tips Cakka Kepada Ratusan Maba Unanda Palopo

Bupati Luwu Andi Mudzakkar saat berbagi tips sukses dihadapan mahasiswa Unanda.

BELOPA,RAKYATSULSEL.COM – Bupati Luwu Andi Mudzakkar (Cakka) memberi perhatian besar terhadap generasi muda di Tana Luwu. Di tengah kesibukannya, mantan wakil ketua DPRD Luwu ini meluangkan waktunya menghadiri undangan Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo sebagai pembicara, Sabtu (07/10/2017) sore di Objek Wisata Buntu Matabbing, Larompong, Luwu .

Di depan ratusan mahasiswa baru (Maba) , Cakka berbagi tips kepada para generasi muda untuk bisa sukses di masa yang akan datang. Cakka membawakan materi dengan Tema “Managemen Strategi for AEC (ASEAN ECONOMIC COMMUNITY DAN GLOBAL TRADING).

Cakka memaparkan, ada empat hal yang harus dikuasai. “ Yang pertama adalah Bahasa Asing. Ini sangat penting dalam menghadapai persaingan global,” katanya. Dengan Bahasa lanjut dia, segalanya menjadi mudah. Khususnya dalam persaingan berebut lapangan pekerjaan.

Tips kedua adalah penguasaan Informasi Teknologi (IT). Dengan kemampuan IT, menjadi salah satu nilai plus dibanding dengan saingan yang melek teknologi.

“Yang tak kalah penting adalah percaya diri. Mimpi-mimpi bisa kita raih dengan percaya diri tinggi. Tapi, harus punya kemampuan seperti bahasa asing dan IT. Lainnya yang tak kalah penting adalah memperluas jaringan,” ujar bupati yang dikenal merakyat ini.

Bagi Cakka, perkembangan zaman tidak bisa dihindari. Sehingga butuh kesiapan para generasi muda untuk ikut terlibat aktif, sekaligus memberi konstribusi. “Membekali diri dengan berbagai kemampuan, serta kreatifitas perlu digenjot dalam menghadapi tantangan ekonomi global. Sebab jika kita berdiam diri, maka perkembangan zaman akan meninggalkan kita,” terang Cakka yang tampil penuh semangat.

Semenjak memimpin Luwu selama dua periode, Cakka memang dikenal sering tampil sebagai pembicara di kegiatan-kegiatan yang digelar mahasiswa, baik di kawasan Luwu Raya, maupun di Makassar.

Bahkan, belum lama ini, ia menjadi pembicara tentang perekonomian di depan perwakilan mahasiswa se-Indonesia di Kampus Unibos 45 Makassar. Cakka dinilai berhasil dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan di Luwu.

Selain menjadi pembicara di depan ratusan mahasiswa baru, Cakka yang juga kandidat wakil gubernur Sulsel, selama ini fokus menjalankan tugas-tugas pemerintahannya. Baik dalam penjajakan kerjasama untuk peningkatan pelayanan, maupun ikut mengawal proses demokrasi yang bermartabat di Tana Luwu. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here