RABU , 14 NOVEMBER 2018

Ini Alasan IYL Pilih Tak Maju di Pemilu 2019

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 15 Juli 2018 18:00
Ini Alasan IYL Pilih Tak Maju di Pemilu 2019

Ichsan Yasin Limpo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Keinginan sejumlah pimpinan partai politik (parpol) yang menawarkan ke Ichsan Yasin Limpo (IYL) untuk maju sebagai caleg DPR RI di Pemilu 2019, dipastikan bertepuk ‘sebelah tangan’.

Itu setelah mantan Kandidat Gubernur Sulsel di Pilgub 2018 ini, memilih tidak maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) baik di DPR maupun untuk tingkat provinsi tahun depan.

“Setelah melalui pertimbangan, saya memutuskan untuk tidak maju menjadi caleg DPR RI, maupun caleg DPRD provinsi,” tandas Ichsan Yasin Limpo melalui keterangan tertulisnya, Minggu 15 Juli 2018.

Ichsan yang sedang berada di Jepang untuk menikmati liburan bersama keluarganya, mengakui, jika pasca penghitungan suara di Pilgub Sulsel 27 Juni, sejumlah elit parpol memberikan kesempatan untuk maju menjadi caleg di Dapil mana pun yang diinginkan di Sulsel.

Bukan hanya tingkat DPR, malah ada yang menyarankan maju sebagai caleg DPRD Provinsi, agar bisa mengincar posisi ketua DPRD demi memperjuangkan sebagian program yang ditawarkan saat pilgub.

Di samping itu, kalangan penggiat LSM dan pemerhati demokrasi yang berkiprah di Jakarta, juga tak sedikit menelpon langsung untuk memberikan support dan dorongan agar maju sebagai caleg DPR RI.

“Saya tentu berterima kasih atas tawaran, dorongan dan support itu. Tapi keputusan dan sikap saya sudah bulat,” tambah Ichsan Yasin Limpo yang sejak dulu dikenal sangat komitmen.

Lantas apa alasannya sehingga memilih tidak maju di Pileg? Bukankah basis suara dibeberapa daerah tergolong signifikan untuk dimanfaatkan demi lolos sebagai anggota DPR RI? Ichsan menyebut jika salah satu pertimbangan utamanya tidak maju, yakni tidak ingin membuat timnya kecewa.

“Jika saya maju di Pileg, saya pastikan ada beberapa irisan dengan caleg lain yang selama ini membantu dan menjadi tim saya di Pilgub. Dan saya khawatir mereka kecewa jika saya juga maju,” terang Ichsan.

Atas salah satu alasan itu, Ichsan memilih tidak maju. Baginya, momentum Pemilu 2019, merupakan tempat untuk ikut membantu sejumlah figur dan tim yang selama ini, tulus mendukungnya saat Pilgub 2018.

“Ini waktunya bagi saya untuk membantu mereka,” urai Ichsan yang di Pilgub Sulsel maju berpasangan dengan Bupati Luwu dua periode Andi Mudzakkar (Cakka).

Selain alasan tersebut, Ichsan juga memilih tidak maju di Pileg, karena ingin fokus mengurus kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia (PMI), terutama pasca membantu tim dan sejumlah tokoh di Pemilu 2019 mendatang.

“Kedepan saya akan fokus untuk kerja-kerja kemanusiaan. Termasuk dalam mengelola zakat harta keluarga,” pungkas Ichsan Yasin Limpo yang tak lain ketua PMI Sulsel. (**)


div>