SELASA , 20 FEBRUARI 2018

Ini Alokasi Kuota Haji Sulsel Tahun ini

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Jumat , 10 Juni 2016 15:00
Ini Alokasi Kuota Haji Sulsel Tahun ini

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi E DPRD Sulsel memanggil Panitia Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel dalam rangka rapat evaluasi terkait persiapan pelaksanaan haji tahun 2016 di Gedung DPRD Sulsel Kamis (9/6).

Rapat Evaluasi yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi E, Marzuki Wadeng mempertanyakan mengenai kesiapan Panitia Haji tahun ini dan apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya nanti. ” Melalui rapat ini kami di Komisi E meminta kepada Kakanwil Kemenag Sulsel selaku panitia penyelenggara agar dapat kiranya memaparkan apa-apa saja yang telah panitia lakukan dan kendalanya dimana,” tanya Marzuki.

Dalam laporannya Kanwil Kemenag Sulsel Abd. Wahid Tahir mengatakan bahwa paspor untuk persiapan Jamaah musim Haji tahun 2016 sudah mulai dilakukan di kantor Imigrasi Makassar dan Parepare. Selain itu terkait jumlah kuota Jamaah Haji Sulsel untuk tahun ini, sebanyak 5.777 orang jamaah, dari jumlah tersebut 5477 diantaranya sudah melunasi BPIH.

“Penambahan kuota Haji ini tergantung dari kebijakan pemerintah disana (Arab Saudi). Sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan ada penambahan kuota Haji, kalau tidak ada penambahan kuota, berarti daftar tunggu Haji untuk Sulsel mencapai 168 ribu lebih dengan lama tunggu kurang lebih 29 tahun,” ujarnya.

Selain itu, Kementerian Agama Wilayah Sulawesi Selatan juga mengungkapkan adanya alokasi anggaran sebesar Rp 60 Miliar untuk membangun dua wisma di Asrama Haji Sudiang, Makassar. Anggaran tersebut, kata dia, dimasukkan ke dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Sulsel dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Asrama Haji.

“Tahun ini, kita mendapatkan anggaran Rp 60 miliar untuk pembangunan dua wisma di kawasan Asrama Haji. Dengan adanya pembangunan tambahan dua wisma ini diharapkan masyarakat akan lebih nyaman” terang Wahid. (mg04/C)


div>