SABTU , 20 OKTOBER 2018

Ini Ancaman Disnaker Parepare Bagi BU Tak Daftarkan Karyawan Penerima JKN-KIS

Reporter:

Editor:

Niar

Senin , 18 September 2017 21:22
Ini Ancaman Disnaker Parepare Bagi BU Tak Daftarkan Karyawan Penerima JKN-KIS

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Parepare memberi ultimatum bagi 125 Badan Usaha (BU) di Parepare yang belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta dalam layanan JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Penegasan itu disampaikan Kepala Disnaker Parepare Anwar Saad kepada sejumlah awak media di sela-sela kegiatan Gathering dan Rekonsiliasi Badan Usaha yang dilaksanakan BPJS Kesehatan di Hotel Kenari Bukit Indah, Kota Parepare, Senin, (18/09/2).

Menurut Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan ini, semua badan usaha harus menyadari kewajibannya dalam mendaftarkan pekerjanya untuk mendapatkan hak layanan kesehatan, sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Itu sifatnya wajib, ada sanksi hukum dan sanksi administrasi yang akan dijatuhkan bagi BU yang membangkang,” tegas Anwar Saad.

Diuraikan, sanksi hukum yang dimaksud, yaitu pemberian denda maksimal Rp 1 milyar, sementara sanksi Administrasi yang dimaksud dengan memberikan denda 0.1 persen dari kewajiban yang harus dipenuhi.

“Kita berikan dulu teguran hingga dua kali. Jika masih belum dilaksanakan, maka diberikan denda 0.1 persen dari apa yang seharusnya dibayarkan, juga pengurusan izin-izinnya akan ditahan atau dicabut. Ini sesuai dalam aturan Perundang-undangan,” papar Anwar, yang juga Mantan Sekretaris DPRD Parepare.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare Aflyana Latumakulita menyebutkan, di Parepare tercatat 125 BU yang belum mendaftarkan karyawannya dalam layanan BPJS Kesehatan.

“Di Parepare sudah ada 141 BU yang sudah terdaftar dan masih ada 125 BU yang belum terdaftar, sedangkan di Barru baru 33 yang mendaftar, dan yang belum 139,” detil Aflyana Latumakulita kepada Jurnalis Rakyat Sulsel dalam Gathering bersama sejumlah BU yang ada di wilayah Kota Parepare dan Kabupaten Barru.

(Rahmaniar)


div>