SENIN , 25 JUNI 2018

Ini Bakal Cawagub Pendamping IYL yang Paling Tepat

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Senin , 05 Juni 2017 20:21
Ini Bakal Cawagub Pendamping IYL yang Paling Tepat

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM– Keragaman geopolitik menjadikan enam figur bakal calon wakil gubernur (Cawagub) memiliki kans yang sama kuat untuk menjadi pendamping Ichsan Yasin Limpo (IYL). Namun sedikitnya ada tiga aspek penting lainnya yang harus dipertimbangkan dalam menata pasangan ideal untuk mewujudkan keberlanjutan kemajuan Sulsel.

Pemikiran tersebut dikemukakan Direktur Eksekutif Celebes Research and Consulting (CRC) Herman Heizer dan pengamat politik Dr Syaifuddin Al Mughni, dalam dialog meneropong pendamping tepat IYL yang digelar aktivis pemuda dan mahasiswa di Warkop Bundu, Jl Hertasning, Makassar, Senin (5/6/2017).

Ichsan YL yang memastikan bakal maju sebagai calon gubernur di Pilgub Sulsel 2018, menguat bakal berpasangan dengan enam figur populer dari geopolitik berbeda. Antara lain Andi Mudzakkar dan Andi Maradang Mackulau asal geopolitik Luwu Raya, Mathius Salempang dari geopolitik Toraja, Andi Yaqkin Padjalangi asal geopolitik Bosowa, serta dua kandidat asal geopolitik Ajatappareng, Rusdi Masse dan Andi Aslam Patonangi.

Siapun yang ditetapkan mendampingi IYL, maka pasangan ini memiliki kekuatan penyatuan dari dua geopolitik yang berbeda. Herman Heizer maupun Syaifuddin menilai, hampir semua bakal cagub mempertimbangan aspek geopolitik dalam menentukan pasangan.

“Sekarang Bosowa dengan Nurdin Halid, akan berpasangan dengan Aziz Qahar Mudzakkar asal Luwu. Pak Ichsan bisa menggandeng figur asal Ajatappareng,” ujar Syaifuddin Al Mughni.

Sementara Herman Heizer, memprediksi figur asal Bosowasi atau Luwu Raya yang memungkinkan menyatu bersama IYL. “Di Selatan, pak IYL sangat diunggulkan berdasarkan survei kepuasan masyarakat. Wilayah Sulsel sangat luas sehingga dibutuhkan kerja tim yang baik,” ujarnya.

Menurut Herman, sedikitnya tiga aspek penting lainnya yang mesti dipertimbangkan dalam penentuan pasangan cagub-cawagub. Diantaranya spirit fighting, isu dan program, dan tim kerja yang kuat.

“Tiga hal ini menjadi perhatian dalam penentuan pasangan cagub-cawagub. Siapa yang kandidat cawagub yang memilikinya, maka peluang mendamping pak Ichsan YL tentu makin kuat,” kata Herman.

Syaifuddin Al Mugny maupun Herman Herizer menilai mekanisme penjaringan cagub oleh Ichsan YL sangat demokratis. Apalagi karena ada komitmen bersama dari para figur bacawagub untuk tetap menyatu bersama IYL, terlepas dari siapaun yang disepakati nantinya.

“Kalau kita membaca proses, Pak Ichsan mempertimbangkan dengan sangat matang,” ujar Herman.

[NEXT-RASUL]

“Pendamping IYL bukan sekadar melengkapi, tapi memberikan elektabilitas dan komitmen kebersamaan yang kuat dalam menjalankan pemerintahan jika kelak terpilih,” tambah Syaifuddin.

Figur balonwagub pendamping IYL direncanakan akan melakukan pertemuan pada Rabu (7/7/2017) besok. Jubir IYL, Rezky Fatmala Passalo, mengatakan keenam kandidat tersebut diberi keleluasaan untuk melakukan musyawarah mufakat dalam menentukan cawagub pendamping IYL.

“Kita tunggu hasil musyawarah kandidat calon pendamping IYL. Apakah hasilnya mufakat menentukan satu nama atau seperti apa? kita tunggu saja hasilnya,” ujar Key, sapaan Rezky Fatmala Passalo. (*)


div>