RABU , 23 MEI 2018

Ini Bukti Jika Fatmawati Punya Andil di PLTB Sidrap

Reporter:

Editor:

Lukman

Sabtu , 30 September 2017 22:05
Ini Bukti Jika Fatmawati Punya Andil di PLTB Sidrap

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, didampingi Bupati Sidrap Rusdi masse dan Legislator DPR RI, Hj Fatmawati Rusdi, saat meninjau pembangunan PLTB Sidrap.

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan menyebut nama legislator DPR RI, Hj Fatmawati Rusdi memiliki andil dalam dipilihnya lokasi Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap sebagai site PLTB Sidrap.

“Ibu Fatmawati pernah menyinggung tentang potensi Sidrap untuk PLTB, namun pada saat itu saya cuek karena saat itu saya masih menjabat sebagai Menteri perhubungan dan bu Fatma adalah mitra saya di DPR-RI, nanti setelah menjabat Menteri ESDM baru saya tertarik. Artinya, Ibu Fatmawati punya andil di sinI,” kata Ignasius saat memberikan sambutan di Kantor PT UPC Renewables, Sabtu(30/9/2017).

Dengan kapasitas 75 ribu Mega Watt kata Ignasius, PLTB Sidrap bisa diproyeksikan mampu mengalirkan listrik untuk 70 ribu pelanggan di Sulawesi selatan dengan daya listrik rata-rata 900 VA.

“Ini tentunya adalah hal yang luar biasa, Kabupaten Sidrap menjadi site PLTB pertama di Indonesia dan kelima di Asia dengan PLTB Komersial,” ujarnya.

PLTB Sidrap dijadwalkan mulai beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) pada akhir tahun ini. Investor yang menggarap PLTB Sidrap, UPC Renewables dan PT Binatek Energi Terbarukan, berkomitmen menyelesaikan proyek tahun ini.

PLTB Sidrap akan menghasilkan listrik sebesar 75 MW dari 30 turbin angin berukuran raksasa. Sebagian komponen dari turbin tersebut didatangkan langsung dari Spanyol dan diproduksi oleh perusahaan asal negara yang sama, Gamesa. (*)


div>