KAMIS , 20 DESEMBER 2018

Ini Catatan Rivai Ras di Hari Nelayan

Reporter:

faisalpalapa

Editor:

Rabu , 06 April 2016 12:26
Ini Catatan Rivai Ras di Hari Nelayan

int

Hari ini,6 April diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional.

Tak banyak pemberitaan yang membahas hari nelayan, tak ada peringatan gegap gempita,tak banyak pula yang sadar dan mau peduli dengan nasib nelayan di Republik ini.

Walau sudah menancapkan diri sebagai negara poros maritim dunia, Indonesia belum sepenuh hati mengangkat nelayan dari garis kemiskinan.
Tingkat kesejahteraan nelayan pun belum kunjung membaik. Masih terseok seok diantara 31,02 juta jiwa penduduk miskin nasional yaitu 7,87 juta jiwa nelayan miskin Indonesia.

Nelayan memang sebuah profesi yang jauh dari mentereng. Dengan kulit gelap terbakar matahari.
Dan bau amis karena harus bergumul dengan ikan hasil tangkapan Jam kerja yang tidak biasa, karena harus pergi melaut hingga berhari hari.Profesi nelayan memang tak mentereng karena itupula tak banyak diminati oleh anak muda zaman sekarang .

Profesi yang disebut sebut hanya pelarian karena tak diterima diprofesi kerja lainnya.Sungguh miris…Karena terbalik dengan sumber daya laut yang begitu melimpah .

Ironi..bila melihat apa yang terjadi dengan nelayan Indonesia. Hidup merana, terbelit hutang , rumah tidak layak dan hidup jauh dari sehat.

Lalu,bagaimana dengan negeri ini.
Bangsa besar yang mengaku bernenek moyang seorang pelaut .
Adakah bangsa yang kita cintai ini mencintai para nelayannya..

Selamat hari nelayan nasional 2016

DR Ir H ABDUL RIVAI RAS MM MS MSi..


Tag
div>