JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Ini Ciri Orang Bercitra Diri Rendah

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Rabu , 03 Mei 2017 21:47
Ini Ciri Orang Bercitra Diri Rendah

int

RAKYATSULSEL.COM — Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya memiliki citra diri atau self esteem yang tinggi adalah penting. Citra diri adalah bagaimana seseorang memandang dan menggambarkan dirinya sendiri sehingga akan menentukan harga dirinya.

 

Psikiatri dr Aimee Nugroho SpKJ mengatakan, seseorang dengan citra diri tinggi akan menjadi orang yang optimis dan bahagia. Optimis karena yakin akan kemampuannya. Orang dengan citra diri yang tinggi lebih banyak yang berhasil dan sukses dalam karirnya.

Dia juga lebih bahagia karena menghargai dirinya sendiri, sehingga tidak mudah dibully atau menjadi korban kekerasan. Dia memiliki pandangan bahwa dia berhak untuk bahagia, sehingga akan memperjuangkan dirinya. ’’Sedangkan orang yang citra dirinya rendah, dia cenderung malu dengan dirinya sehingga cenderung menjadi sosok yang pemalu, introvert, dan sulit bergaul,’’ papar Aimee.

Nah, seseorang yang punya citra diri rendah, cirri-cirinya adalah pemalu, sering melabel dirinya dengan cap negatif, sering kurang menghargai dirinya, cenderung meniru dan membiarkan dirinya diatur oleh orang lain, pesimis, dan sangat sensitif terhadap kritikan serta sebaliknya haus dengan pujian atau bisa juga menolak menerima pujian.

 

[NEXT-RASUL]

Sebaiknya, lanjut Aimee, orang bercitra diri rendah bila membiarkan dirinya seperti itu, bisa mendapatkan efek samping seperti menjadi orang yg ragu-ragu dan pesimis, karena menganggap dirinya tidak mampu, bahkan juga rentan menjadi korban kekerasan baik kekerasan seksual, fisik, verbal maupun financial. (ina/tia)


div>