SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Ini Dia Profil Data Diri Pengganti Raja Abdullah bin Abdulaziz

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 24 Januari 2015 14:56
Ini Dia Profil Data Diri Pengganti Raja Abdullah bin Abdulaziz

salman bin Abdulaziz Al Saud (kiri). (Int)

JEDDAH, RAKYATSULSEL.COM – Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz wafat, Jumat (22/1/2015) pagi dan secara langsung sang adik, Salman bin Abdulaziz Al Saud (79) terangkat jadi raja karena sebelumnya ditunjuk sebagai putra mahkota.

Raja Salman kemudian mengangkat saudaranya Muqrin sebagai pangeran sekaligus pewaris tahta.

” Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud dan seluruh anggota keluarga berduka atas berpulangnya Raja Abdullah bin Abdulaziz, penjaga dua Masjid Agung, pada pukul satu dini hari,” demikian isi pernyataan yang dilansir stasiun televisi pemerintah dan diberitakan Reuters.

Penunjukan Salman sebagai raja sebagai pemimpin negara kaya minyak itu sangat penting bagi AS karena satu dari sekutu negara adidaya itu di kawasan Timur Tengah.

Raja Salman lahir pada 31 Desember 1935 dan menjadi Menteri Pertahanan sejak tahun 2011 dan sempat menjadi Gubernur Riyadh dari tahun 1963-2011. Ia adalah anggota keluarga House of Saud.

Raja Salman dilaporkan merupakan anak ke-25 Raja Abdulaziz. Ibunya bernama Hassa Al Sudairi. Ia dibesarkan di Istana Murabba.

Salman bin Abdulaziz menempuh pendidikan awal di Sekolah Pangeran di Riyadh yang didirikan khusus oleh Raja Abdulaziz untuk memberikan pendidikan buat anak-anaknya. Ia belajar masalah agama dan sains modern.

Pada 18 Juni 2012, Pangeran Salman ditunjuk sebagai Pangeran Pewaris Arab Saudi sesaat setelah kematian saudaranya, Pangeran Nayef bin Abdulaziz. Pangeran Salman juga menjabat sebagai deputi perdana menteri. Nominasinya sebagai pangeran pewaris tahta kerajaan dan deputi perdana menteri dikabarkan sebagai upaya Raja Abdullah agar reformasi terus berlangsung di masa depan. (gilrsfrom)


div>