SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Ini Istri Walikota yang Peduli Baca Tulis Al-Qur’an

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Rabu , 20 April 2016 12:54
Ini Istri Walikota yang Peduli Baca Tulis Al-Qur’an

int

Kita tidak pernah tahu apa yang dapat mengangkat dan menjatuhkan kita. Erna Rasyid Taufan selalu meyakini hal tersebut, dan bahwa setiap diri kita memiliki tanggung jawab tak hanya pada diri sendiri, namun juga keluarga dan lingkungan.

Dari hal sepele yakni membina pemulung sampah, kegiatan yang telah dijalani Erna selama tujuh tahun terakhir ini semakin mengangkat namanya. Istri walikota Pare Pare, Sulawesi Selatan, Taufan Pawe ini baru saja meraih Inspiration Woman Award 2014 dari Forum Komunikasi Wartawan Indonesia.

Erna menuturkan, Forum Komunikasi Muslimah One-One yang didirikannya sejak 2008 setiap harinya membina pemulung untuk diajari mengaji, berdoa serta keterampilan. Kegiatan ini pula yang membawanya meraih Tokoh Perempuan Inspirasi Sulawesi Selatan dalam kepedulian di Bidang Pendidikan dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel pada 2013.

“Pemulung sampah adalah bagian dari kehidupan kita. Saya tidak pernah menyangka, ketika terjun ke dunia yang orang pandang sepele ini, justru ini yang mengangkat saya,” tutur Erna kepada Rakyat Jateng, ditemui usai menerima penghargaan.

Dalam membina pemulung, diakuinya ada kesulitan yakni mereka kerap berpindah tempat tinggal. Maka forum pun tetap mengikuti dan mendampingi, sepanjang mereka serius belajar.

“Alhamdulillah banyak yang sudah bisa berdoa, dan bahkan berceramah. Itu kebanggaan bagi kami. Dan penghargaan ini semakin menyemangati,” tutur wanita kelahiran Makale, Tana Toraja 1 Desember 1966 ini.

Berpendidikan dakwah dan aktif sebagai penceramah, juga memudahkan Erna mendekati masyarakat. Apapun yang ia kerjakan, arahnya adalah dakwah sebab itu yang ia yakini akan dimudahkan untuknya.

“Orang lain mungkin dimudahkan dalam bidang lain, dan dia harus fokus pada itu,” jelas Erna yang kini tengah menempuh pendidikan pascasarjana Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Parepare ini.


Tag
div>