KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Ini Jawaban Iqbaal Ramadhan Saat Ditanyai Soal Karakter ‘Dilan’

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 09 Januari 2018 10:08
Ini Jawaban Iqbaal Ramadhan Saat Ditanyai Soal Karakter ‘Dilan’

Iqbaal Ramadhan (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

RAKYATSULSEL.COM – Film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq, Dilan 1990, akan mengudara beberapa hari lagi di bioskop Indonesia. Berperan sebagai Dilan, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan mengaku memiliki karakter yang berbeda dengan tokoh tersebut.

Iqbaal menegaskan, dia tidak berusaha mengaplikasikan kehidupan pribadinya menjadi Dilan. Menurutnya, harus ada batas antara Iqbaal dan Dilan, agar karakter tersebut tidak terbawa ke kesehariannya ke depan.

“Ketika saya Iqbaal, saya memang nggak mirip-miripin karakter Dilan di hidup saya, yang rahangnya kaku, badboy. Beda Dilan sama Iqbaal,” ujar Iqbaal pada JawaPos.com ketika berkunjung ke kantor Jawa Pos, Jakarta, Senin (8/1). Sehingga, ia tidak ingin orang membandingkan perannya dalam film dengan kehidupan kesehariannya. Terlebih, dengan latarbelakangnya sebagai anak boy band.

Ia pun tidak ingin terperangkap dalam satu karakter dalam film. “Saya nggak mau terperangkap di Dilan ini. Jadi ketika saya main film lain, orang mengenal saya dengan karakter itu,” sambungnya. Terkait dengan komentar orang yang mempertanyakan aktingnya sebagai Dilan, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat ini mengatakan tiap orang punya penilaiannya masing-masing.

“Orang-orang biar saja yang nilai saya berhasil atau nggak jadi Dilan. Sekarang gini contoh nyatanya, Abimana jadi Dono. Orang skeptis banget awalnya, ‘ganteng banget Abimana mana bisa jadi Dono’. Tapi apa? orang setelah nonton filmnya bilang nggak ada yang bisa jadi Dono selain dia,” Jelasnya.

Iqbaal pun mengakui kalau karakter yang dimainkan dalam Film Dilan 1990 sangat berbeda dengan film sebelumnya. Tentu, beda karakter yang dimainkannya memberikan tantangan tersendiri. Seperti yang diceritakan Iqbaal, dimana ia harus sudah menjadi sosok Dilan sejak pembacaan naskah.

“Kalau di film saya sebelumnya iqbaal banget. Jangan dibandingkan sama film saya yang itu, cuma logatnya aja di betawiin,” tukasnya. Film Dilan 1990, yang juga melibatkan Vanesha Prescilla sebagai Milea akan keluar 25 Januari 2018 di seluruh bioskop Tanah Air. Sama seperti novelnya, film Dilan 1990 bercerita tentang kisah percintaan anak remaja berlatar SMA di Bandung.

Dilan, si pembuat onar jatuh hati dengan Milea yang lembut. Hubungan keduanya pun dibumbui dengan cerita keluarga dan persahabatan.

(yln/JPC)


div>