SELASA , 19 JUNI 2018

Ini Jurus Jitu Tangkis Serangan Ransomware Petya

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 30 Juni 2017 21:43
Ini Jurus Jitu Tangkis Serangan Ransomware Petya

Menkominfo Rudiantara (Rieska Vhirdani/JawaPos.com)

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta masyakarat yang memiliki komputer melakukan antisipasi serangan Ransomware Petya, sebelum mengaktifkan komputernya. Masalah ini bukan hanya masalah bagi korporasi atau perusahaan, tetapi bagi siapa saja yang memiliki gadget.

Kepada pengelola teknologi informasi di berbagai institusi, Rudiantara meminta agar pengelola TI menonaktifkan atau mencabut jaringan Lokal/LAN sementara sampai dipastikan semua aman. Paling penting adalah menggandakan data (backup).

“Backup, backup, backup. Lakukan backup data ke storage terpisah. Jika filenya kecil bisa di USB, kalau besar bisa disimpan ke hardisk eksternal dan CD,” pinta Rudi kepada wartawan, Jumat (30/6).

Selain itu, kata dia, apabila hal di atas telah dilakukan, lakukan secara terus menerus kewaspadaan, yaitu gunakan sistem operasi yang orisinal dan update secara berkala. Install Antivirus dan update berkala. Gunakan password yang aman dan ganti berkala.

“Kepada penyedia layanan publik kepada masyarakat dan khususnya yang menunjang layanan mudik lebaran 2017, agar terus menjaga kewaspadaan sistem elektroniknya dari virus. Permintaan juga ditujukan ke pengatur sektor dan pelaku sektor pada sektor-sektor strategis nasional lainnya,” jelasnya.

Wakil Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure ID-SIRTII Bisyron Wahyudi menjelaskan, sebagai tim penanganan insiden siber, pihaknya sudah melakukan komunikasi secara intensif dengan pihak-pihak di luar negeri dan memberikan peringatan dini (early warning) kepada pihak-pihak terkait. Terutama pemangku infrastruktur kritis atau objek vital nasional.

Keempat cara paling tepat mengantisipasi virus tersebut antara lain,

[NEXT-RASUL]

1. Lakukan Update security pada windows dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh Microsoft. Link dapat dilihat di https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx. Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara download menggunakan komputer biasa, bukan komputer yang berperan penting.

2. Lakukan update Antivirus. Contoh AV : Kapersky Total Security, Eset, Panda, Symantec yang bisa download versi trial untuk 30 hari gratis dengan fungsi atau fitur penuh dan update. Pastikan meliputi antiRansomware.

3. Non aktifkan fungsi SMB (Server message Block) dan jangan mengaktifkan fungsi macros.

4. Block Ports : 139/445 & 3389. (cr1/JPG)


div>