SELASA , 23 OKTOBER 2018

Ini Langkah Pemkab Torut Hadapi Gugatan Lapangan Gembira Rantepao

Reporter:

Cherly

Editor:

Iskanto

Jumat , 28 September 2018 11:59
Ini Langkah Pemkab Torut Hadapi Gugatan Lapangan Gembira Rantepao

Kabag Hukum Pemkab Torut, Neti Palin

TORAJAUTARA, RAKYATSULSEL.COM – Menghadapi gugatan atas lapangan gembira atau pacuan kuda Rantepao Toraja Utara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara mengajukan kasasi ke Mahkama Agung (MA). Pasalnya di Pengadilan Negeri (PN) Makale, dan Pengadilan Tinggi Makassar penggugat dimenangkan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Hukum Pemkab Toraja Utara, Neti Palin yang dikonfirmasi, Kamis (27/9).

Lebih lanjut dijelaskan Neti Palin bahwa, Tana Toraja yang digugat tersebut adalah tanah yang memiliki sertifikat kementrian pendidikan, sertifikat dinas kehutanan serta sertifikat pihak Telkom.

“Nah penggugat mengklaim itu tanah warisan dari orang tua mereka bernama Haji Ali, yang dijual oleh seseorang kepada Haji Ali. Mereka hanya punya bukti-bukti antara lain foto copy pengakuan penjualan dari seseorang yang seharusnya mereka mesti memperlihatkan aslinya didepan pengadilan,” kata Neti.

“Tetapi mereka sudah menang di Pengadilan Tingkat I yakni PN Makale, lalu pemda banding ke Pengadilan Tinggi Makassar tapi mereka juga menang. Dan sekarang kita sedang mengajukan kasasi ke MA,” lanjutnya.

Neti juga meluruskan bahwa sesuai gugatan tidak ada nama Resa Ali, tetapi atas nama Mohammad Irfan, Hj Fauzia, Hj Tjeke Ali dan Hj Heriyah Ali yang mengggugat pemkab. (*)


div>