SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Ini Manfaat Minum Secangkir Teh untuk Kesehatan

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 26 Desember 2017 12:00
Ini Manfaat Minum Secangkir Teh untuk Kesehatan

ILUSTRASI

RAKYATSULSEL.COM – Apa pun suasananya, teh bisa menjadi minuman yang nikmat. Terlebih karena minuman ini bisa disediakan dalam keadaan panas maupun dingin.

Namun, manfaat yang dimiliki minuman ini jauh melebihi hanya sekedar menyegarkan. Ada banyak penelitian yang menunjukkan minum teh benar-benar bisa meningkatkan kesehatan.

Setidaknya, minuman ini bercita rasa yang mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan setiap harinya.

Sebuah penelitian di Amerika telah menemukan peminum teh yang menikmati secangkir teh setiap hari adalah 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan serangan jantung atau kejadian kardiovaskular utama selama hidup mereka.

“Saya dan tim peneliti telah menemukan bahwa minum teh bisa melindungi jantung Anda,” kata peneliti Dr. Elliott Miller di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore, AS, seperti dilansir laman MSN, Minggu (24/12).

Dalam hal ini para ilmuwan melibatkan 600 pria dan wanita dalam keadaan sehat dan tanpa riwayat penyakit jantung sebelumnya selama 15 tahun.

Selama waktu itu, mereka mencatat bahwa sukarelawan mengalami serangan jantung, stroke, menderita nyeri dada atau meninggal karena jenis penyakit jantung lainnya.

Mereka juga mengukur deposit kalsium di pembuluh darah sukarelawan selama periode lima tahun dan membandingkannya dengan tingkat sebelumnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa peminum teh yang mengonsumsi satu sampai tiga cangkir per hari adalah 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung daripada relawan lainnya.

Peminum teh juga memiliki kadar kalsium yang lebih rendah di arteri mereka.

Meski terlalu dini bagi para peneliti untuk membuat hubungan langsung antara konsumsi teh dan tidak adanya penyakit jantung, mereka menyadari sifat perlindungan alami dari minuman tersebut.

Ini bisa jadi karena flavonoid ditemukan di teh, sejenis antioksidan yang mendukung kesehatan jantung.

Teori lain adalah peminum teh pada umumnya memiliki gaya hidup yang lebih sehat, dengan faktor seperti diet dan olahraga memainkan peran positif dalam menjaga penyakit jantung.(jpnn)


div>