RABU , 18 JULI 2018

Ini Pemenang Pilkada Kabupaten Menurut Hitung Cepat IPI

Reporter:

Fahrullah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 27 Juni 2018 18:25
Ini Pemenang Pilkada Kabupaten Menurut Hitung Cepat IPI

hasil survei Indeks Politica Indonesia (IPI). Foto; Fahrullah/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Indeks Politica Indonesia (IPI) telah menyelesaikan hitung cepat di empat kabupaten yang menggelar Pilkada yakni Kabupaten Jeneponto, Sidrap, dan Luwu.

Berdasarkan hasil hitung cepat ini, Pilkada Jeneponto masih dimenangkan oleh calon petahana Iksan Iskandar Kr Ninra-H Paris Yasir (SIAP) dengan prediksi perolehan suara sebesar 41,97%.

Sementara Wakil Bupati Jeneponto, Mulyadi Mustamu Kr Tinggi yang maju berpasangan dengan Kasmin Makkamula Kr Gassing (BISA) harus puas diperingkat kedua dengan prediksi perolehan suara 30,39%. Sementara posisi ketiga ditempati pasangan Muh Syarif Kr Pata-Andi Thahal Fasni Kr Sutte (Syafaat) yang mengantongi 19,27% suara.

Posisi paling buncit ditempati pasangan calon independen, Baharuddin Baso Jaya Kr Nai-Isnad Ibrahim Kr Lontang (Barani Uranta) yang hanya menggaet 8,36% suara.

Sementara di Pilkada Sidrap, pasangan Dollah Mando-Mahmud Yusuf (DOAmu) unggul telak atas Fatmawati-Abdul Majid (FatMa). Dollah yang juga merupakan Wakil Bupati Sidrap dua periode ini mengunci kemenangan di angka 66,12%. Sementara Fatmawati yang merupakan istri dari Bupati Sidrap dua periode Rusdi Masse hanya mampu meraup 33,88% suara.

Sementara di Pilkada Luwu, pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak leading dengan prediksi perolehan suara sebanyak 61,21%. Sementara rivalnya Patahuddin-Emmy Tallesang harus puas dengan perolehan 38,79% suara.

“Hasil hitung cepat ini tidak jauh berbeda dengan hasil survei terakhir kami. Sehingga saya sangat yakin, akurasi hitung cepat IPI akan presisi dengan hasil perhitungan KPU nanti,” kata Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir dalam konferensi persnya di Hotel Swiss-belinn Makassar, Rabu (27/6/2018). (*)


Tag
  • pilkada 2018
  •  
    div>