SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Ini Pentingnya Membebaskan Anak Bereksplorasi

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 04 April 2016 12:41
Ini Pentingnya Membebaskan Anak Bereksplorasi

int

RAKYATSULSEL.COM – Jika anak telah memasuki usia satu tahun, wajib bagi para orang tua untuk membebaskan si kecil bereksplorasi dengan dunianya. Ekplorasi itu bertujuan untuk melatih kemampuan, kemandirian, hingga menumbuhkembangkan sensor motorik anak agar terstimulasi dengan baik.

“Eksplorasi ini merupakan kebutuhan si kecil agar tumbuh kembangnya baik dan optimal,” ujar Psikolog Ratih Ibrahim dalam acara Nestle Dancow Excelnutri+ Explore The World di Mall Taman Anggrek, Jakarta, kemarin.

Menurut Ratih, si kecil yang berksplorasi akan melatihnya mengenal dan berinteraksi dengan hal-hal baru. Hal itu berguna untuk mendukung keterampilan anak berkomunikasi. Kemudian membangun kecerdasan emosi dan sosial, kemampuan otak, hingga kreativitas anak.

Ratih menyarankan, sebaiknya anak berekplorasi dengan dunianya di lingkungan terbuka atau outdoor. “Dengan bereksplorasi di lingkungan terbuka, anak juga menjadi tangguh, berani, dan memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi,” ungkapnya.

Karena itu, para orang tua tidak perlu takut ataupun khawatir jika anaknya ingin bermain dan mencoba hal baru. Apalagi, saat anak memasuki usia setahun, itu sudah mulai muncul rasa ingin tahu dan senang bermain.

“Sebab, mereka sudah mulai bisa berjalan, berlari, dan mengenali orang dengan baik,” ujar Ratih.

Kendati demikian, Ratih menegaskan, dengan membiarkan anak untuk bereksplorasi bukan berarti melepas buah hati begitu saja alias sembarangan. “Para orang tua juga harus melindungi si anak, agar mereka tetap memiliki rasa aman,” ucapnya.

Lantas, dengan cara apa melindungi anak? Menurut Ratih, salah satunya dengan cara memberikan asupan gizi dan nutrisi yang baik untuk anak. Sebab, anak harus memiliki gizi yang seimbang untuk memicu tumbuh kembang dan bereksplorasi dengan baik.

“Kalau anaknya sehat dan jiwanya juga sehat, maka belajarnya serta tumbuh kembangnya akan semakin baik. Sehingga, anak bisa bereksplorasi dengan dunianya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nestle Dancow Excelnutri+ Explore The World menghadirkan program kegiatan antara si kecil dan orang tua agar dapat berekplorasi bersama. Yaitu, mengajak si kecil mengenal keindahan dan berbagai hal unik dari empat negara, di antaranya Belanda, Jepang, Brazil, dan Indonesia. Kegiatan ini berlangsung sejak 2-3 April 2016. (JPG)


Tag
div>