MINGGU , 16 DESEMBER 2018

Ini Penyebab NIK Tidak Terdaftar pada Pelaksanaan CPNS

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Rabu , 20 September 2017 15:00
Ini Penyebab NIK Tidak Terdaftar pada Pelaksanaan CPNS

Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil PPKB) Sulsel, Lutfie Nasir. Foto:Ashar/RakyatSulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Sulsel Lutfie Natsir mengungkapkan, penyebab tidak terdaftarnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada para pelamar CPNS karena terjadi kekeliruan input data peserta yang terdapat pada Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang belum diperbaharui.

“Kesalahannya itu terdapat di bagian Input datanya yang keliru, seperti KK yang dipake KK lama, begitupun dengan penduduk yang pindah tidak melalui prosedur, dia pake KTP nya daerah lama trus yang didaftarkan pake alamat baru.” kata Lutfi kepada Rakyat Sulsel, Rabu (20/9).

Menurtnya, permasalahan tersebut dimungkinkan  terjadi lantaran belum adanya pembaharuan KTP para peserta. Olehnya itu, dia juga menghimbau kepada masyarakat agar segera melakukan pembaharuan identitas kependudukan.

Lanjut Luthfi, persoalan seperti yang di atas menjadi tanggungjawab pemerintah setempat untuk menyelesaikannya. Untuk itu, Disdukcapil-KB Sulsel menyediakan layanan interaktif.

“Kami sudah menyiapkan layanan pusat pengaduan call center 1500537 atau WA ke 08118005373. Paling lambat sehari sudah bisa padu data NIK KTP dan NIK KKnya,” jelas Luthfi.


div>