MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Ini Pesan Ichsan YL di Peringatan Hari Sukarelawan PMI

Reporter:

Editor:

dedi

Senin , 26 Desember 2016 21:30
Ini Pesan Ichsan YL di Peringatan Hari Sukarelawan PMI

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM  – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, Ichsan Yasin Limpo, menegaskan, ujung tombak PMI selama ini adalah sukarelawannya. Atas dasar itu, ia mengajak seluruh organisasi di luar PMI yang memiliki sukarelawan untuk memberikan apresiasi tinggi untuk sukarelawannya.

Hal itu dilontarkan Ichsan saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sukarelawan tingkat Sulawesi Selatan, di Lapangan Karebosi, Jumat (23/12/2016), pekan lalu. “Sukarelawan hadir untuk dapat memberikan pelayanan kemanusian, sekaligus untuk menggerakkan partisipasi masyarakat,” ungkapnya.

Sukarelawanan, menurutnya, selalu berada di garda terdepan. Hari Sukarelawanan sendiri mulai ditetapkan pada 2015 lalu. “Itu adalah pengakuan atas sukarelawanan PMI,” kata mantan Bupati Gowa dua periode ini.

Hari Sukarelawan, kata Ichsan, menjadi momentum bagi sukarelawan untuk memperkuat tekad dan memberikan bantuan masyarakat dan mempromosikan perdamaian. “Tantangan sukarelawan sangat berat, makanya kami mendorong seluruh pengurus PMI diseluruh tingkatan dengan memberikan pelatihan dan penggemblengan fisik dan mental. Organisasi perlu memberikan dukungan psikososial dan memberikan jaminan,” pintanya.

Sularelawan PMI, lanjutnya, telah mendapat pengakuan dan penghargaan atas kiprahnya baik di tingkat nasional maupun international. “Selamat berhari sukarelawan,” pungkasnya.

Gerakan Sularelawan PMI tahun ini sendiri mengangkat tema “Membangun Kebersamaan dan Perdamaian”. Pada rangkaian acara juga dilakukan pelantikan Komandan Brigade Kemanusian Sukarela PMI, dan Satuan Penanggulangan Bencana PMI Sulsel.

Brigade Kemanusian Sukarelawan PMI sendiri dikomandoi oleh Yusran Sofyan yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel. Sementara sekretarisnya, yakni Yusuf Gunco yang juga mantan anggota DPRD Makassar.

Ikut hadir dalam upacara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Wakil Bupati Luwu, Amru Saher, serta beberapa bupati dan wakil bupati lainnya. Termasuk pejabat dari unsur TNI dan Polri. (*)


div>