SABTU , 20 OKTOBER 2018

Ini Seruan Kemanusiaan DPP IMMIM Atas Etnis Rohingya

Reporter:

Editor:

Lukman

Senin , 04 September 2017 18:35
Ini Seruan Kemanusiaan DPP IMMIM Atas Etnis Rohingya

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Berbagai kalangan prihatin dan bahkan mengutuk peristiwa sadis yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar.

Pengusiran hingga pembunuhan yang menimpa kaum islam di Myanmar tersebut turut menyulut DPP IMMIM untuk ikut bersuara dan mendesak pemerintah Indonesia untuk segera bertindak.

Seruan DPP IMMIM ini ditandatangani langsung Ketua Umum, Prof. Dr. H. Ahmad M. Sewang, M.A dan Sekretaris Umum, Dr. H. M.Ishaq Samad, M.A.

Seruan itu ditembuskan ke Menlu RI, Menteri Agama R.I, Dubes Myammar untuk RI, Ketua MUI Pusat, Gub. Sulsel, Kapolda Sulsel dan Kanwil  Kemenag Sulsel.

Berikut Seruan DPP IMMIM:

Bismillah al-Rahman al-Rahim
Memperhatikan kejadian terakhir penganiayaan, pengusiran paksa, dan pembunuhan etnis Rohingya di Myammar, maka DPP IMMIM menyerukan:
1. Penganiayaan, pengusiran paksa, dan pembunuhan etnis Rohingya segera diakhiri karena bertentangan dengan Hak Asasi Manusia.
2. PBB segera menyelesaikan masalah etnis Rohingya dan melakukan pencegahan agar pemerintah Myammar menghentikan pembersihan etnis.
3. DPP IMMIM mendukung segala upaya yang dilakukan oleh badan kemanusiaan atau organisasi Islam dalam membantu mereka.
4. DPP IMMIM mendukung upaya diplomasi yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui menteri luar negeri untuk segera mencari jalan damai mengakhiri derita Etnis Rohingya.
5. Di antara cara penyelesaian etnis Rohingya yang bersifat permanen dengan mengakui kewarganegaraan etnis Rohingya sebagai warga negara Myanmar mengingat mereka sudah berabad-abad tinggal di sana.
Makassar, 4 September 2017
Wassalam,


div>