KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

Ini Temuan KPU Wajo Selama Verifikasi Faktual Balon Perseorangan IYL-Cakka

Reporter:

Abdul Muis

Editor:

Lukman

Selasa , 26 Desember 2017 20:26
Ini Temuan KPU Wajo Selama Verifikasi Faktual Balon Perseorangan IYL-Cakka

Dok. RakyatSulsel

WAJO, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo masih terus melakukan proses verifikasi faktual terhadap dukungan pasang bakal calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

Dalam verifikasi itu, KPU mengakui ditemukan banyak permasalahan dalam berkas-berkas dukungan. Ratusan dukungan akhirnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan gugur masuk dalam rekapitulasi dukungan para bakal calon.

“Ya, ada ratusan yang TMS,” kata Komisioner KPU Wajo Divisi Teknis Penyelenggaraan, Rafiuddin Rasyid saat ditemui di Kantor KPU Wajo jalan Bau Mahmud, Selasa (26/12)

Rafiuddin menerangkan, berbagai temuan itu misalnya penyerahan dukungan KTP yang dilakukan tidak di desa dimana pendukung berdomisili. “Misalnya dia (pendukung) KTP-nya di Desa A tapi masukkan dukungan ke Desa B, itu kita kategorikan TMS dalam verifikasi faktual,” kata Rafi.

Temuan lain, yakni adanya komplain dari pemilik KTP yang merasa tak pernah menyerahkan KTP nya untuk dimasukkan dalam daftar para pendukung salah satu pasangan.

Meski demikian, Rafiuddin menegaskan, bahwa komplain itu tidak masuk dalam ranah KPU. Pasalnya, metode pengumpulan dukungan KTP sejatinya ada di pasangan calon dan timnya.

“Tentu statemen itu tidak masuk ke ranah KPU, KPU hanya mem faktualkan betul tidak dukungan itu, kalau betul kita buat memenuhi syarat, kalau tidak betul kita buat tidak memenuhi syarat, karena metode pengumpulan KTP itu adalah ranah pasangan calon,” ungkapnya. (*)


div>