SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Ini Tingkat Kepuasan Masyarakat Tentang Kinerja Pemerintah Kota Parepare

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 27 Desember 2016 22:02
Ini Tingkat Kepuasan Masyarakat Tentang Kinerja Pemerintah Kota Parepare

Herman Heizer, saat memaparkan data Indeks Kepuasan Publik terhadap kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, di Gedung Barugae Rumah Jabatan Walikota, Selasa (27/12/2016).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Direktur Utama PT Celebes Research Centre (CRC), Herman Heizer, meliris data Indeks Kepuasan Publik terhadap kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, dalam kurun waktu 2016.

Pemaparan data digelar di Gedung Barugae Rumah Jabatan Walikota, Selasa (27/12/2016), yang dihadiri Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Camat dan Lurah dalam lingkup Pemkot Parepare.

Dalam pemaparannya, Herman menyampaikan data indeks, masing-masing SKPD yang ada. Baik harapan masyarakat, maupun pencapaian kinerja terhadap harapan masyarakat.

Selain itu, Herman yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel terpilih, memaparkan, indeks kepuasan masyarakat terhadap program kerja Pemkot Parepare.

Untuk kinerja pemerintah, tahun 2015 sebanyak 79 persen masyarakat puas, dan untuk tahun 2016 meningkat menjadi 85 persen. “Adapun dua SKPD yang tingkat kinerjanya masih perlu digenjot, yakni Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM,” ungkapnya.

Herman menjelaskan, jika kinerja pemerintah bisa memenuhi harapan masyarakat, maka akan diberikan imbalan dengan dipilih kembali, dan begitupun sebaliknya.

Dia mengatakan, sebanyak 80 persen masyarakat memberikan suaranya, karena alasan kinerja tapi relevan dengan kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Di Parepare, kinerja Pemkot justru jauh lebih tinggi dari harapan masyarakat, sehingga menghasilkan gap positif,” jelasnya.

Dia menyebutkan, jika dibandingkan dengan daerah lain, Parepare termasuk daerah yang luar biasa. Karena, kata dia, daerah lain masih ada menunjukkan gap negatif.

“Keadaannya memang demikian, namun saya di sini bukan dalam kapasitas sebagai tim sukses. Melainkan, diminta secara independen, untuk membantu Walikota, melihat harapan masyarakat terhadap kinerja pemerintah,” terangnya.

Sementara, Walikota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan, pencapaian ini merupakan buah dari kerja nyata Pemkot yang maksimal. Selain itu, kata dia, merupakan bukti bahwa Pemkot telah bekerja sungguh-sungguh untuk masyatakat.

Dia menjelaskan, seluruh jajaran Walikota dalam pemerintah, harus inovatif dan responsif dalam melayani kepentingan dan kebutuhan masyarakat. “Kita tidak perlu puas sampai di sini, kita jangan lengah dan tetap harus bekerja maksimal serta meningkatkan kinerja,” tegasnya. (Luki)


div>