SENIN , 18 DESEMBER 2017

Inilah Anggota Resmi SMSI Sulsel yang Verifikasi di Dewan Pers

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Rabu , 11 Oktober 2017 20:08
Inilah Anggota Resmi SMSI Sulsel yang Verifikasi di Dewan Pers

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sulsel telah mendaftarkan keanggotaan SMSI ke dewan pers untuk tahap verifikasi media.

Selain itu, susunan pengurus juga telah dirampungkan pasca Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Juli 2017 lalu di Surabaya Jawa Timur (Jatim).

“Kami sedang fokus membenahi kepengurusan internal sebagai salah satu syarat agar nantinya semua anggota SMSI bisa masuk menjadi konstituen Dewan Pers. Secara kelembagaan SMSI juga sudah mendaftarkan diri ke dewan pers, Jumat (8/9/2017) lalu oleh Pengurus SMSI pusat bersama dewan penasihat dan perwakilan provinsi se-Indonesia,” kata Rasid Alfarizi, Ketua SMSI Sulsel, Rabu (11/10).

Rasid mengatakan, SMSI didirikan oleh sejumlah pemilik dan pengelola media siber pada April 2017 dan hingga kini kepengurusan SMSI telah terbentuk di 26 provinsi, dengan 600 media siber yang mendaftar sebagai anggota resmi.

Di Sulsel sendiri banyak media online, namun yang mereka yang memiliki dokumen kelengkapan resmi seperti persyaratan (Perseroan Terbatas), SITU/SIUP, Pengesahan Kementerian Hukum dan HAM serta Ujian Kompetensi Personil wartawan (UKJ) masih minim.

“Sejauh ini mereka yang sudah terdaftar anggota masih sedikit. Dari puluhan media siber di Sulsel tak lebih dari 20 yang memiliki syarat sesuai ketentuan Dewan Pers. Mereka yang tidak bergabung di SMSI tentu saja mereka bukan media online dalam naungan dewan pers,” jelasnya.

Saat ini SMSI menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Bangka Belitung 10-11 Oktober 2017. Salah satu rekomendasi ditelurkan yakni, perlunya SMSI ikut berperan dalam memberantas berita-berita hoax. Tentunya dengan mengedepankan media yang memiliki konten bisa dipertanggungjawabkan.


div>