SENIN , 16 JULI 2018

Inkindo Community Serap Aspirasi Anggota dan Stakeholder

Reporter:

Muh Fahrullah

Editor:

doelbeckz

Kamis , 08 Maret 2018 21:22
Inkindo Community Serap Aspirasi Anggota dan Stakeholder

Legislator DPRD Sulsel Haidar Majid (kanan) menjadi narasumber pada talkshow Inkindo Community 'Menuju Inkindo Unggul, Berdaya Saing, dan Profesional' di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar, Rabu (7/3) malam. foto: zulkifli/rakyatsulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Anggota Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sulsel menyampaikan keluh kesahnya pada talkshow ‘Inkindo Mendengar’ dengan tema ‘Menuju Inkindo Unggul, Berdaya Saing, dan Profesional di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar, Rabu (7/3) malam.

Talkshow ini diprakarsai Inkindo Community. Pembina Inkindo Community, Satriya Madjid, menuturkan, talkshow ini, sebagai upaya untuk mewujudkan harapan anggota Inkindo dan harapan stakeholder terkait.

“Ini adalah salah satu bentuk kerja kita untuk mengetahui apa yang diharapkan anggota dan stakeholder terkait,” kata Satriya yang juga calon Ketua DPP Inkindo Sulsel periode 2018-2022.

Satriya mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendorong pelaku jasa konsultan untuk memperdalam ilmu, sehingga bisa meminimalisir problem hukum yang bisa dihadapi.

Ketua Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, Ma’rang SH, menjadi salah satu pemateri, mengatakan, persoalan hukum kerap menyebabkan rendahnya penyerapan anggaran pemerintah. Sebab, adanya ketakutan-ketakutan berbagai pihak. Karena itu, TP4D dibentuk untuk melakukan pengawalan dan pengawasan jalannya kegiatan pemerintah.

“TP4D melakukan penegakan hukum sejak awal kegiatan,” kata Asisten Intelejen (Asintel) Kejati Sulsel ini.

Menurutnya, TP4D sebagai paradigma baru dalam penegakan hukum. Apalagi, penegakan hukum yang baik harus mampu menekan angka kriminalitas dan mengangkat kesadaran hukum semua pihak.

“Yang sudah dilakukan selama ini adalah melakukan konsultasi-konsultasi. Hambatan yang dihadapi dikonsultasikan dengan semua stakeholder,” katanya.

TP4D juga memberikan dampak positif. Ketakutan-ketakutan pelaku usaha mulai berkurang dan mulai menerapkan prinsip transparansi terhadap tugas.

“Kami berharap Inkindo mengambil bagian akan bersama-sama presentasikan apa yang jadi tugas, melakukan pendekatan pencegahan, harus ada edukasi perubahan pola kerja selama ini, sehingga kegiatan tepat waktu, mutu, dan tepat sasaran,” jelasnya.

Turut hadir, anggota DPRD Sulsel Haedar Madjid, perwakilan Dinas PSDA Sulsel Ir Pattiwiri, Ketua Inkindo Sulsel Muh Dahir, perwakilan Ditreskrimsus Polda Sulsel Sutomo, dan ratusan anggota Inkindo Sulsel. (***)


div>