SENIN , 23 JULI 2018

Inkindo Lahirkan Perusahaan Lokal Berdaya Saing Global

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 20 April 2018 01:14
Inkindo Lahirkan Perusahaan Lokal Berdaya Saing Global

Ketua DPP Inkindo Sulsel Satriya Madjid (kedua kanan) menyerahkan cenderamata kepada Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Bachder Djohan Buddin (kedua kiri) di sela-sela Sosialisasi Sertifikat ISO yang dilaksanakan PT Sucofindo (Persero) di Graha PT Sucofindo, Jakarta, Kamis (19/4). foto: doelbeckz/rakyatsulsel.

Belajar Sertifikat ISO di Kantor Pusat PT Sucofindo

Laporan: Abdullah R
Dari Jakarta

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Era pasar bebas membuat persaingan usaha, termasuk di sektor jasa konsultan akan semakin ketat dan kompetitif. Oleh karena itu, dituntut perusahaan yang profesional dan berdaya saing global.

Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sulsel, H Satriya Madjid ST MSP, mengatakan, salah satu yang menguatkan sebuah perusahaan profesional dan berdaya saing global adalah mengantongi sertifikat ISO.

“Setelah terpilih menjadi Ketua DPP Inkindo Sulsel pada Musyawarah Provinsi (Musprov) DPP Inkindo Sulsel awal Maret 2018 lalu, saya bersama rekan-rekan pengurus langsung bergerak cepat menjalankan program kerja. Salah satunya pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota menjadi sebuah perusahaan profesional dan berdaya saing global yang ditandai dengan mengantongi sertifikat ISO,” jelas Satriya Madjid di sela-sela Sosialisasi Sertifikat ISO yang dilaksanakan PT Sucofindo (Persero) di Graha PT Sucofindo, Jakarta, Kamis (19/4).

Satriya Madjid menjelaskan, sebagai langkah awal sertifikasi ISO kepada anggota DPP Inkindo Sulsel, pengurus DPP Inkindo Sulsel melakukan kerja sama dengan PT Sucofindo untuk penerbitan sertifikat ISO tersebut.

“Tahap awal adalah mengikutkan pengurus dan Badan Pelaksana Provinsi DPP Inkindo Sulsel pada sosialisasi pentingnya ISO. Seperti sekarang ini, ada 30-an orang yang kita ikutkan pada sosialisasi ISO ini,” ujarnya.

“Di sini kita belajar pentingnya ISO. Ada sejumlah kategori yang disosialisasikan, yaitu ISO-9001 tahun 2015 Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001 tahun 2015 Sistem Pengelolaan Lingkungan, dan OHSAS 18001/ISO 45001 tahun 2007 Manajemen K3 dan Standarnya,” tambah SM, sapaan akrab Satriya Madjid.

Satriya Madjid mengakui, penerapan ISO kepada anggota Inkindo ini, sejalan dengan visi dan misi yang diusung. Yaitu menjadikan Inkindo sebagai organisasi terdepan dan berkembang. Yaitu usaha-usaha anggota berkembang, sehingga tercipta iklim usaha yang kondusif. Untuk meraih itu, anggota harus profesional, mengembangkan usahanya dan tenaga ahlinya, sehingga memiliki nilai jual kepada pengguna jasa konsultan. Yaitu unggul, berdaya saing, dan profesional.

Satriya Madjid mengungkapkan, pentingnya sertifikat ISO pada sebuah perusahaan untuk membangun sistem yang menjadi quality control perusahaan dalam memiliki standar pelayanan mutu yang berkelanjutan.

Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi Provinsi Inkindo Sulsel, Faizal Suyuthi, mendukung langkah stategis pengurus DPP Inkindo Sulsel ini.

Menurutnya, sosialisasi ini adalah bagaimana anggota Inkindo Sulsel memahami tentang pentingnya sertifikat ISO.

“Apa-apa sebenarnya itu menyangkut ISO. Supaya dipahami secara benar. Sebab katanya, ada yang dibayar sekian keluar tiga hari, ini salah satu contoh yang kita tanyakan, makanya kita cari yang recomended, sebab yang berhak mengeluarkan ISO salah satunya adalah PT Sucofindo. Setelah ini, akan ada pelatihan secara kolektif kepada anggota Inkindo untuk mendapatkan sertifikat ISO,” jelasnya.

“Kita harapkan dengan kerja sama ini, teman-teman anggota Inkindo bisa mendapatkan sertifikat ISO yang tepat dengan harga yang kompetitif,” tambah mantan Ketua DPP Inkindo Sulsel ini.

Sementara, Direktur Utama PT Sucofindo (Persero), Bachder Djohan Buddin, menyambut positif rencana kerja sama ini.

“Secara pribadi saya senang dengan kerja sama‎ ini. Selama saya di sini, Insya Allah tidak ada yang menghambat. Kita akan buat tim kerja sama,” ujarnya.

“Saya minta kepada tim sertifikat ISO PT Sucofindo untuk membuat klasifikasi. Sebab di perusahaan konsultan tidak sama semuanya, ada besar, menengah, dan kecil. Jadi tidak boleh disamaratakan semuanya. Saya tahu ini, karena saya juga pernah jadi Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Inkindo, termasuk Ketua DPP Inkindo Sulsel,” tambahnya.

Bachder Djohan berjanji akan memberikan kemudahan waktu dan tarif khusus kepada anggota Inkindo Sulsel.

“Kemudahan nantinya berupa waktu yang singkat dan tarif khusus. Ini tetap prosedur, tapi ada hal yang dibijaksanai. Kita berikan kesempatan kepada DPP Inkindo Sulsel untuk dapat bekerja sama dalam meningkatkan kualitas dan pengetahuan tentang tanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan melalui penerbitan sertifikat ISO bagi anggota Inkindo Sulsel,” terang mantan Direktur Utama PT KIMA ini. (****)


div>