KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Inna Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’uun

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 17 September 2015 15:38
Inna Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’uun

ADNAN PURICHTA IYL

Oleh: Adnan Purichta Ichsan
Politisi

SETIAP musibah selalu sudah ditakdirkan. Musibah tak dapat dihindari, karena pada kodratnya, manusia memang tak akan pernah terhindar dari musibah.
Yang bisa dilakukan adalah meminimalisir musibah yang sifatnya datang dari manusianya sendiri. Tapi yakinlah, setiap yang menimpa adalah bentuk ujian Allah SWT.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.” (QS. al-Baqarah: 155-156)

Selasa, 15 September, jadi malam duka bagi kita semua di Gowa. Pasar Sentral terbakar. Tentu ini tak hanya menjadi musibah bagi mereka yang punya toko, los atau tempat jualan dan barang di pasar itu.

Kebakaran itu adalah musibah untuk kita semua, warga Gowa. Tentu berat untuk melaluinya, tapi setiap musibah pasti punya hal dan pelajaran yang terkandung di dalamnya.

Meskipun, ketika bicara duniawi, maka tetap saja musibah adalah musibah. Musibah menimbulkan kerugian. Namun dalam Islam, setiap musibah punya arti.
“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan Hanya kepada kamilah kamu dikembalikan” (Al-Anbiyaa’:35).

Musibah bisa berarti agar kita mengingat kembali nikmat Allah, ataukah teguran agar manusia tidak melampau batas, bisa juga untuk menguatkan keimanan kita terhadap takdir Allah SWT. Yah, itu ketika kita menghubungkan musibah itu dengan apa yang diajarkan dalam agama.

Tapi apapun itu, kebakaran ini tentu merugikan kita semua dan daerah ini. Dari segi ekonomi, tentu akan menghambat perputaran ekonomi karena tersendatnya proses transaksi jual beli. Yang paling utama, tentu berimbas langsung pada korban kebakaran.

Semoga kita semua bisa diberikan kesabaran dalam menghadapi tiap cobaan. Wallahu A’lam Bishawab. Salamaki tapada salama. (*)


Tag
  • voxpopuli
  •  
    div>