SELASA , 22 MEI 2018

Inovasi “Gurita” Kepsek di Parepare Ini Lolos ke Tingkat Nasional

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Kamis , 03 Mei 2018 17:45
Inovasi “Gurita” Kepsek di Parepare Ini Lolos ke Tingkat Nasional

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Satu lagi wujud peningkatan kualitas pendidikan di Kota Parepare. Hal ini terbukti dengan lolosnya inovasi yang dicetuskan Muh Syukur Salman, Kepala SDN 71 Model Kota Parepare.

Terobosan yang dinamai Gerakan Guru Bercerita (Gurita) sebagai bagian budaya literasi tersebut terpilih di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk dipresentasikan di Jakarta, pada 5 hinga 8 Mei mendatang.

Kegiatan Best Practice antar kepala sekolah yang akan digelar di Hotel Swiis Bellresidence, Kalibata Jakarta tersebut, akan diikuti 29 Kepala SD se-Indonesia, salah satunya Kepala SDN 71 Model Parepare, Muh. Syukur Salman.

Terpilihnya Syukur Salman, merupakan satu-satunya wakil dari Provinsi Sulawesi Selatan yang kini mengangkat citra kota Habibie ini.

Menurut Syukur Salman yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Parepare, judul ‘best practice’ yang akan dipresentasikan, yaitu Gurita (Gerakan Guru Bercerita) Menumbuhkan Budaya Literasi di SDN 71 Model Parepare.

Syukur Salman mengungkap, kegiatan Gurita yang dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnnya tersebut telah berjalan setahun terakhir. Para guru secara bergilir bercerita di depan seluruh siswa setiap Selasa dan Kamis. Hal ini dilakukan agar mendoron para guru rajin membaca dan menjadi teladan, serta motivator bagi siswanya.

Beberapa bukti keberhasilan SDN 71 dalam hal budaya literasi juga diungkapkan, antara lain semakin banyaknya guru dan siswa membaca dan meminjam buku di perpustakaan sekolah. Selain itu, pada momen Hardiknas kemarin, siswa sekolah ini berhasil meluncurkan dua buku, antologi cerpen dan antologi puisi.

“Selain itu, beberapa guru sekolah dengan ikon merah putih ini juga telah menerbitkan buku karya mereka sendiri,” ujar Syukur Salman, yang juga Penulis
buku Kelas-kelas Angker ini. (MP1)


div>