SENIN , 11 DESEMBER 2017

Inovasi Ini Antarkan RSUD Parepare Masuk 10 Besar Lomba Inovasi

Reporter:

Rahmaniar

Editor:

niar

Rabu , 01 November 2017 17:44
Inovasi Ini Antarkan RSUD Parepare Masuk 10 Besar Lomba Inovasi

int

PAREPARE, RAKSUL.COM– Lomba inovasi antar SKPD yang diprakarsai Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe diumumkan di sela-sela acara Refleksi 4 tahun kepemimpinan Taufan Pawe, Senin, (30/10/2017) malam di Lapangan Tennis Barugae.

Dalam lomba yang digelar Bappeda dengan menggadeng LAN RI sebagai Tim Penilai, RSUD Andi Makkasau berhasil berhasil masuk dalam 10 besar nominasi terbaik dari 66 inovasi tingkat SKPD.

RSUD Andi Makkasau berhasil keluar sebagai salah satu nominator melalui program Inovasi Home Visit.

“Program ini untuk pasien rawat Inap dengan penyakit kronis yang sudah stabil, pihak RS bisa memulangkan pasien lebih awal dan dilakukan pengawasan/kontrol terhadap pasien secara rutin dengan melakukan kunjungan ke rumah pasien,” urai dr Hj Renny Anggraeni Sari, Plt. Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare.

Lebih lanjut lagi, dr. Renny yang juga pernah menjabat sebagai Kepala IGD di rumah sakit itu menuturkan bahwa tujuan program itu adalah untuk efisiensi biaya perawatan di RS dengan tetap menjaga kualitas layanan, dan memberi kenyamanan kepada pasien.

“Biasanya pasien lebih nyaman berada di rumah sendiri namun tetap dalam pantauan tenaga kesehatan yang akan mengunjungi secara rutin untuk menjamin keberlangsungan pengobatan pasien,” paparnya.

Selain pelayanan terhadap pasien, inovasi ini kata Renny, sapaannya juga untuk mengefisiensi pembiayaan kesehatan di RS dgn sistem INA-CBgs dari BPJS yang membayar klaim pelayanan pasien perpaket pelayanan.

“Cukup tidak cukup RS harus mengatur pembiayaan yang telah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan, sehingga RS harus melakukan efisiensi tanpa mengurangi kualitas layanan,” katanya.

Selain itu, lanjut Renny, inovasi ini dapat membantu ketersediaan tempat tidur di RS.

Dalam lomba inovasi itu, juara I diraih Dinas Kesehatan, Juara II Dinas PKP, dan Juara III Dinas Pariwisata Kota Parepare. (nia)


Tag
  • parepare
  •  
    div>