JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Intens “Bumikan” Olahraga, Puskesmas Lompoe Terpilih Wakili Parepare di Sulsel

Reporter:

Editor:

Niar

Rabu , 04 Juli 2018 14:26
Intens “Bumikan” Olahraga, Puskesmas Lompoe Terpilih Wakili Parepare di Sulsel

int

– Kado dalam HUT Puskesmas Lompoe ke-14

PAREPARE, RAKSUL.COM–Puskesmas Lompoe, Kecamatan Bacukiki terpilih sebagai salah satu dari dua Puskesmas yang mewakili Parepare dalam lomba Puskesmas Peduli Kesehatan Olahraga (Peduli Sorga) tingkat Propinsi Sulawesi Selatan.

Hal ini ditandai dengan kedatangan tim penilai yang berasal dari UPK Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan yang berkunjung ke ruang rapat Puskesmas Lompoe, Rabu (4/7/2018).

Kepala UPTD Puskesmas Lompoe, Ilham Willem mengungkapkan, rasa syukurnya atas terpilihnya puskesmas yang dipimpinnya itu untuk mewakili di tingkat Propinsi Sulawesi Selatan pada lomba peduli Kesehatan Olahraga. Menurutnya, puskesmas Lompoe beberapa tahun terakhir ini telah melakukan banyak kegiatan inovatif dalam bidang keolahragaan.

“Kita sangat bersyukur puskesmas kami ini ditunjuk untuk mewakili kota Parepare ditingkat Propinsi. Apalagi bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Puskesmas Lompoe yang ke-14. Di samping ini memang sudah komitmen kami untuk membumikan olahraga tidak hanya di lingkungan puskesmas tetapi juga ke masyarakat Bacukiki,” papar Ilo sapaan akrabnya.

Lebih jauh, Ilo menguraikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dan sampai sekarang masih berjalan program “Pos Ke Sorga” (Pospindu Terpadu Kesehatan Olahraga) serta program “Kita Ke Sorga” (Bacukiki Cinta Kesehatan Olahraga). Dua program ini kata Ilo intens dilaksanakan setiap bulannya secara bergiliran di setiap Kelurahan yang ada diwilayah Kecamatan Bacukiki.

“Jadi kita memang rutin laksanakan senam kebugaran, di setiap posbindu sebelum dilaksanakan pemeriksaan diawali dulu dengan senam dengan masyarakat. Tidak hanya itu, senam juga kita galakkan dikalangan aparat dan stakeholder di Bacukiki dengan rutin mengadakan senam massal setiap bulannya. Bahkan kedepan kita juga akan laksanakan senam bersama ibu hamil,” bebernya.

Sementara itu, Camat Bacukiki, Iskandar Nusu menyatakan apresiasinya atas berbagai program dan kegiatan inovatif dalam bidang keolahragaan yang dilaksanakan Puskesmas Lompoe. Kegiatan olahraga tersebut kata Iskandar tidak terlepas dari bentuk sinergitas yang telah terjalin antara stakeholder dengan masyarakat di Bacukiki.

“Program dan kegiatan yang inovatif tentunya kami sangat mendukung, apalagi yang berhubungan dengan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Dan harapan kami, para pemangku kebijakan di wilayah Kecamatan Bacukiki untuk turut serta secara bersama-sama menyukseskan program ini, agar menjadi kecamatan yang sehat ,bugar dan produktif,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Tim Penilai, Arifin Haling menilai positif inovasi – inovasi yang telah dilakukan puskesmas Lompoe, terlebih dalam menggalakkan kegiatan olahraga diwilayahnya.

“Ini yang kita harapkan dari lomba ini, bagaimana peran dari puskesmas agar seluruh elemen masyarakat dapat memahami olahraga yang Baik , Benar Terukur dan Teratur (BBTT) yang akan membuat kita menjadi sehat,bugar dan Produktif,” tandasnya.

Selain Lompoe, Puskesmas Cempae, Keluraharn Watang Soreang, Kecamatan Soreang juga wakili Parepare ke tingkat Sulawesi Selatan. (*)


div>