SABTU , 15 DESEMBER 2018

IOF Sulsel Bakal Buka Jalur Baru Makassar-Bukukumba

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 17 April 2016 22:41

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Pengurus Daerah (Pengda) Indonesian Offroader Federation (IOF) Sulsel bakal membuka jalur atau jalan akses baru dari Makassar menuju Kabupaten Bulukumba pada 6 hingga 8 Mei mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Agus Arifin Nu’mang, Ketua Umum Pengda IOF Sulsel saat melantik Pengurus Cabang (Pengcab) IOF Bulukumba masa bakti 2016-2020, Minggu (17/4).

“Tanggal 6-8 Mei nanti, kita berencana akan membuka jalur dari Makassar menuju Bulukumba lewat jalur hutan, yakni kebun tebu di Gowa dan jalan desa, melewati Cikoro, Malakaji, Lokka dan tembus Kahayya,” ungkap Agus yang juga merupakan Wakil Gubernur Sulsel.

Selain bertujuan untuk membuka jalur atau jalan alternatif ke daerah yang masih terisolasi, lanjutnya, kegiata ini juga akan mengeksplor kawasan-kawasan yang memiliki potensi wisata, tetapibelum terekspos.

“Di Kahayya itu katanya ada danau yang ada di atas ketinggian 1.600 mdpl. Selain itu, ada juga kawasan kebun karet. Ini kan berpotensi dijadikan destinasi wisata. Itu yang kita coba mau ekspolr. Bulukumba tidak kalah dengan daerah lain bila dikelola dengan baik,” ungkapnya.

Lebih jauh Agus mengatakan, kegiatan ini nantinya akan diikuti kurang lebih 100 mobil dan 50 motor trail dari dalam dan luar negeri.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal, yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh IOF, terutama kegiatan sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ia berharap, pengurus IOF Bulukumba yang baru dilantik, bisa mengemban amanah dan menjadikan IOF sebagai wadah konsolidasi antara pengurus dan anggota, sebagai fasilitator bagi anggota untuk mengembangkan minat dan bakatnya, serta bisa membawa IOF untuk memberi kontribusi nyata bagi daerah dan masyarakat sekitar.

“Kalau melihat kemampuan dan mobilitas IOF, kami berharap IOF bisa berkontribusi dalam kegiatan sosial, seperti membuka akses jalan baru dan akses menuju lokasi-lokasi bencana. Selain iu juga IOF bisa berkontribusi dalam kegiatan tanggap darurat dan distribusi bantuan ke lokasi bencana,” ujarnya.

Ia juga meminta agar pengurus IOF Bukukumba bisa mensinergikan program kerja dengan program pemerintah daerah sehingga bisa lebih mudah dalam melakukan action di lapangan.

Dalam kesempatan tersebut, Pengda IOF Sulsel juga menyerahkan bantuan kepada dua Mesjid yang ada di Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Gantarang, Kabulaten Bulukumba. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Agus Arifin Nu’mang selaku Ketua Umum Pengda IOF Sulsel. (***)


Tag
  • IOF Sulsel
  •  
    div>