SABTU , 15 DESEMBER 2018

IPSI Sulsel Bangga AIA Bawa Indonesia Juara Silat Dunia

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 13 Desember 2016 15:28
IPSI Sulsel Bangga AIA Bawa Indonesia Juara Silat Dunia

int

MAKASSAR – Keberhasilan Indonesia menjadi juara dunia dengan memperoleh 12 medali emas pada Kejuaraan Pencak Silat Dunia XVII di Bali mendapat apresiasi dari Ketua Ikatan Pencak Silat (IPSI) Sulsel, Syamsu Rizal.

Tak hanya itu, Wakil Wali Kota Makassar itu makin bangga sebab yang menjadi manager tim pencak silat Indonesia adalah Andi Iwan Darmawan Aras yang merupakan putra daerah Sulsel. “Kita juga bangga sekali lihat AIA yang mampu membawa Indonesia menjadi juara dunia,” kata Deng Ical–sapaan akrab Syamsu Rizal.

Menurut Deng Ical, keberhasilan Indonesia di ajang tersebut merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Hal itu kata dia menjadi tanda bahwa pencak silat adalah salah satu cabang olah raga yang sangat prospektif memberi kebanggaan bagi Indonesia.

“Makanya saya usul di Munas lalu itu untuk menyampaikan proposal Road Map Pencak Silat menembus dunia, menjadi kebanggaan Bangsa dan merebut prestasi,” ujar Deng Ical.

Dirinya menambahkan, potensi Indonesia dalam cabang olah raga pencak silat sangat luar biasa. Sebagai olah raga tradisional, pencak silat memiliki potensi multi aspek. “Bisa olah raga, budaya dan pertunjukan, mampu menunjukkan karakter bangsa dan potensi merebut prestasi dunia,” beber politisi Demokrat ini.

Deng Ical menyebutkan, pencak silat harus dijadikan sebagai salah satu aset bangsa, sehingga perlu diberikan perhatian khusus. Apalagi biayanya tidak semahal cabang olah raga lainnya.

“Bila dibandingkan dengan cabor lain, biaya yang dibutuhkan relatif kecil untuk mencapai prestasi. Akar budaya bangsa kuat dan diminati banyak orang sehingga tidak bakal kekurangan atlet. Tinggal pembinaan, termasuk penguatan diplomasi olah raga dan politik tingkat dunia,” tegasnya. (*)


Tag
div>