SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Iri dengan Lionel Messi, Ayah Neymar Ancam Barcelona

Reporter:

Editor:

Dewi Yuliani

Rabu , 13 April 2016 13:13
Iri dengan Lionel Messi, Ayah Neymar Ancam Barcelona

int

RAKYATSULSEL.COM – Neymar adalah bintang masa depan sepak bola. Sekarang, pemain terbaik dunia memang masih didominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Tapi, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan, striker asal Brasil yang membela Barcelona itu sebagai penerusnya.

Karena itu, Barcelona dengan berbagai cara memagari sang bintang muda. Setidaknya, seperti itulah anggapan kala melihat detail kontrak yang dipaparkan oleh situs Football Leaks, Senin kemarin (11/4).

Selama lima musim, dari 2013 hingga 2018, Neymar bakal mendapat setidaknya pemasukan hingga EUR 49,5 juta (sekitar Rp 738,78 miliar). Artinya, setiap musim, kapten timnas Brasil tersebut bakal menerima EUR 9,9 juta (Rp 147,71 miliar).

Pemasukan itu antara lain berasal dari gaji pokoknya per musim sebesar EUR 5 juta (Rp 74 miliar) sudah dipotong pajak, EUR 100 ribu (Rp 1,5 miliar) sebagai bonus setiap musim panas.

Kemudian, jika dia mampu mencapai setidaknya 60 persen dari total seluruh pertandingan yang dilakoni Barcelona, striker 23 tahun itu bakal menerima EUR 1,1 juta (Rp 16,43 miliar).

Dari segi performa, jika Neymar mampu mengantarkan Blaugrana –julukan Barcelona– lolos ke Liga Champions fase grup, maka dia bakal mengantongi EUR 637.500 (Rp 9,5 miliar) dan EUR 425.000 (Rp 6,34 miliar) jika mereka mampu berlaga di fase knockout.

Apabila mereka memenangi salah satu trofi, baik itu La Liga, Liga Champions, maupun Copa del Rey, pundi-pundi Neymar pun bertambah EUR 1,1 juta.

Dan jika saja mereka berhasil meraih treble winner, maka bonus EUR 1,5 juta (Rp 22,38 miliar) sudah siap berpindah tangan ke eks bomber Santos tersebut.

Begitu besar bukan? Itu belum termasuk bonus EUR 8,5 juta (Rp 126,79 miliar) yang sudah didapatnya kala resmi menjadi penggawa Barcelona 2013 lalu.

Serta yang lebih penting, klausul pelepasan Neymar yang mencapai EUR 190 juta (Rp 2,83 triliun) bagi siapapun yang meminati tenaganya.

Namun, bagaimana seandainya jika Neymar gagal membawa pulang satu gelar pun? Sudah jelas, hanya EUR 8,8 juta (Rp 131,04 miliar) yang dibawa pulang.

Besarnya pendapatan Neymar tidak diterima dengan cuma-cuma. Setidaknya, ada beberapa kompensasi yang harus dilakukannya.

Football Espana melaporkan, Neymar harus bener-benar berintegrasi dengan kultur maupun kehidupan masyarakat Catalan. Di antaranya, dia harus mempelajari bahasa Catalan yang merupakan bagian dari integrasi tersebut.

Nah, sebagaimana dilansir AS, jumlah tersebut nampaknya tidaklah membuat Neymar puas. Sebab, raihannya itu masih kala dibandingkan dengan rekan setimnya di Barcelona, megabintang Lionel Messi.

Dikutip dari Total Sportek, pertahun, Messi mendapat GBP 14,5 juta (Rp 270,51 miliar). Sedangkan, ujung tombak Real Madrid, Cristiano Ronaldo, membukukan GBP 15 juta (Rp 279,93 miliar).

Dengan performa Neymar yang tengah moncer musim ini, 27 gol di semua ajang, maka sang ayah, Neymar Sr, memanfaatkan.momen ini untuk menaikkan ”harga” anaknya di tengah sisa kontraknya yang tinggal dua tahun lagi.

Tak tanggung-tanggung, Neymar Senior menginginkan kenaikan lima kali lipat kontrak baru yang bakal diterima putranya.

Itu berarti Neymar akan menerima EUR 45 juta (Rp 671,22 miliar) yang bakal menahbiskannya sebagai pesepak bola dengan gaji terbesar di kolong langit ini.

Belum ada konfirmasi resmi dari Barcelona terkait permintaan ”ngawur” yang dilayangkan oleh manajemen Neymar.

Kolektor lima trofi Liga Champions itu jelas sangat keberatan dengan nominal gaji tiga kali lipat lebih besar dari yang diterima Messi tersebut.

Namun, Presiden Josep Maria Bartomeu bakal berpikir dua kali untuk menolak permintaan tersebut jika melihat vitalnya performa Neymar bersama Messi dan Luis Suarez musim ini.

AS melanjutkan, permintaan itu bakal berusaha dipenuhi oleh Bartomeu.

Dampaknya, suksesor Sandro Rossell itu bakal menaikkan harga secara gila-gilaan di sektor sponsor utama jersey, peninjauan ulang kontraknya terhadap apparel utama Nike, serta memberikan hak penamaan Camp Nou kepada siapapun investor yang datang dengan segepok uang.

Keputusan mengenai jadi tidaknya Neymar memperpanjang kontrak bakal diketahui Juli mendatang.

Namun, jika dipenuhi, siap-siap saja melihat Camp Nou berganti nama hanya untuk memuaskan ego satu pemain saja. Atau, Neymar bisa saja pindah ke klub lain. Kita tunggu saja. (apu/ham)


Tag
div>