SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Irman Minta Server UNBK di Sulsel Dijaga Ketat

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 04 April 2017 19:16
Irman Minta Server UNBK di Sulsel Dijaga Ketat

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo. foto: ashar abdullah/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Maraknya pencurian data kepada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) seperti terjadi di Pulau Jawa membuat Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, mengantisipasi dan memperketat penjagaannyaa.

Kepala Disdik Sulsel, Irman Yasin Limpo meminta adanya pengamanan pada server, yang diinstruksikan langsung kepada kepala UPT Disdik di daerah.

Menurutnya, salah satu langkah yang dilakukan adalah meminta bagian teknis untuk melakukan penjagaan 24 jam. Selain itu khusus passwordnya akan diberikan ketika pagi hari.

“Kami sudah minta di daerah menjaga servernya, selain itu pemberian password baru dilakukan saat pagi hari, jadi kalau ada kendala maka passwordnya akan terganti,” ungkapnya, Selasa (4/4).

Begitu juga, ketika siswa tanpa sengaja menendang kabel jaringan, sehingga komputer mati. Menurutnya, secara langsung paswordnya akan terganti dengan sendirinya.

“security servernya juga sudah diantisipasi termasuk masalah keamanannya semua kami pantau,” katanya.

Sama halnya, lanjut Irman, ketika Ujian Nasional dengan Paper Test, atau manual. Ia menjamin tidak ada kebocoran, karena ini dijaga dari petugas disdik dan kepolisian,.

“Hanya orang bodoh saja yang mau membocorkan, padahal sudah sangat jelas sanksi apa yang didapat jika ketahuan membocorkan selain pidana, kalau dia pegawai akan dipecat,” ungkapnya


div>