Isu Reshuffle Kabinet, Lutfy A Mutty Disebut Bisa Gantikan Kemenpan-RB

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wacana reshuffle Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK kembali berhembus kencang. Presiden Joko Widodo dikabarkan akan merombak sejumlah posisi menteri paling lambat 16 Agustus 2017 mendatang.

Jika ini benar dilakukan maka akan ada menteri yang digeser ke kementerian lain dan ada yang dicopot dari menteri.

Salah satu kementerian yang diisukan akan diganti adalah Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Yang mengejutkan nama politisi NasDem asal Sulsel Luthfi A Mutty disebut-sebut akan menempati posisi tersebut.

Pembantu Dekan III Universitas Ichsan Gorontalo Jupri, SH, MH mengatakan, luthfi A Mutty adalah sosok pamong yang berpengalaman dan memahami persis berbagai permasalahan Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini.

Selain itu, lanjut Jupri, saat ini pemerintah dan DPR RI sedang gencar membahas Rancangan Undang-undang (RUU) dengan dipilihnya Luthfi sebagai Menpan-RB, maka komunikasi pemerintah dan DPR RI akan berjalan mulus. Kenapa?, karena saat ini Luthfi sebagai ketua Kelompok Komisi Badan Legislasi (Poksi Baleg) dari Partai NasDem.

Menurutnya, Salah satu permasalahan ASN yang sampai hari ini belum ada kejelasan terkait tenaga honorer.

[NEXT-RASUL]

“Perlu diketahui munculnya tenaga honorer dijaman SBY-Budioeno dengan mengesahkan UU No 5 tahun 2014 tentang ASN dimana saat itu Luthfi A Mutty adalah staf khusus Wakil Presiden bidang pemerintahan dan otonomi daerah sehingga beliau mengetahui persis dasar UU tersebut ketika disahkan,”demikian kata Jupri.