SENIN , 16 JULI 2018

IYL-Cakka: Rakyat Bersatu Tak Bisa Dikalahkan

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 19 Juni 2018 18:34
IYL-Cakka: Rakyat Bersatu Tak Bisa Dikalahkan

Koalisi rakyat bersama IYL-Cakka di Pilgub.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jelang pencoblosan Pilgub Sulsel 2018, kampanye lewat sosial media kian massif. Pesan-pesan politik kepada masyarakat lewat gambar meme memenuhi timeline sosial media dan menjadi viral.

Meme itu berbentuk gambar yang kreatif dan berisi narasi penuh makna. Seperti meme bergambar empat pion yang berdiri tegak dan dua bidak catur yaitu raja dan perdana menterinya yang tumbang.

Meme itu berisi narasi dengan tulisan “Empat Sekawan. Rakyat Bers4tu Tak Bisa Dikalahkan.” Meme ini merujuk pada pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar di Pilgub Sulsel yang maju lewat jalur independen.

Alias maju karena dukungan rakyat. Bukan lewat partai politik. Sementara angka 4 pada kalimat Rakyat Bers4tu Tak Bisa Dikalahkan, karena IYL-Cakka mendapat nomor urut 4 di Pilgub Sulsel 2018.

Meme lainnya bergambar sosok orang tua dan anaknya yang memanggul banyak buku. Tampak si orang tua begitu berat memikul beban tersebut. Meme ini menganalogikan betapa beratnya menaggung biaya pendidikan anak di masa-masa sekarang ini.

Meme ini dilengkapi dengan narasi “Pendidikan Adalah Hak!”. “Beban Mereka Tanggung Jawab Kit4. Ditambah dengan hastag #Bukan Iklan Politik. Lagi-lagi meme ini bersinggungan dengan IYL-Cakka. Karena Pasangan yang mengusung program Pendidikan Gratis Tanpa Pungutan.

Program ini akan berjalan karena IYL-Cakka siap mengalokasikan subsidi pendidikan Rp1,6 Triliun per tahunnya.

Subsidi itu diperuntukkan untuk semua tingkatan sekolah. IYL-Cakka pun tak pilih-pilih sekolah. Baik negeri dan swasta akan menjadi sasaran dari subsidi dan program Pendidikan Gratis Tanpa Pungutan tersebut.

Meme lainnya yang juga viral adalah gambar sosok orang tua yang dengan mimik wajah memelas. Lengkap dengan narasi “Jangan Bohong Jangan Korupsi. Sulsel Tempat Orang Jujur”.

Merujuk pada IYL-Cakka, maka pesan meme ini adalah pasangan Tegas, Komitmen dan Merakyat itu paling tepat untuk memimpin Sulsel. Karena IYL-Cakka memang bukan orang yang tukan bohong atau tukang korupsi. (**)


div>