SELASA , 13 NOVEMBER 2018

IYL Siap Tempur

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 09 Maret 2017 10:00
IYL Siap Tempur

int

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Langkah mantan Bupati Gowa Dua Periode, Ichsan Yasin Limpo menjajal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang, mendapat apresiasi penuh dari masyarakat.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun IYL ke-56, relawan pemenangan di Pilgub bakal melaporkan hasil kerjanya di masing-masing daerah. Utamanya dalam menyiapkan IYL maju Pilgub melalui jalur independen.

Hal itu bisa menjadi kado istimewa IYL di perayaan ulang tahunnya, yang digelar di Celebes Convention Centre (CCC), hari ini. Acara yang bertema “Silaturahmi Anak Negeri” ini bakal menjadi ajang penyatuan komitmen untuk memenangkan IYL sebagai Gubernur Sulsel.

Juru Bicara (Jubir) Ichsan Yasin Limpo, Risky Fatmala Passalo menuturkan, sejauh ini IYL masih fokus menjalin komunikasi dengan Partai Politik (Parpol). Namun, kemungkinan maju di jalur Independen juga menjadi alternatif yang tidak bisa dikesampingkan. “Semua kemungkinan bisa saja, termasuk independen. Namun, sejauh ini beliau (IYL) terus intens komunikasi dengan partai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Key ini, mengatakan keputusan politik tergantung dari IYL. Sehingga, untuk saat ini pihaknya belum bisa memastikan secara pasti apakah IYL bakal memprioritaskan maju Pilgub melalui jalur independen atau jalur parpol. “Kemungkinan beliau dengan jalur independen, kita tunggu respon beliau di acara silahturahmi dengan relewan di CCC besok malam (hari ini),” jelasnya.

Saat ditanya terkait pengumpulan KTP yang dilakukan relawan untuk mendukung IYL maju Pilgub, Key membenarkan hal tersebut, dimana rekapitulasi KTP nantinya bakal menjadi kado ulang tahun IYL dari relawannya. “Iye besok relawan akan sampaikan di ultah beliau. Semoga itu menjadi kado spesial,” terangnya.

[NEXT-RASUL]

Terkait jumlah KTP yang berhasil dikumpulkan, Key mengaku belum tahu persis jumlahnya. “Kita belum tahu berapa banyak jumlahnya,” paparnya.

Sementara, Panitia Pelaksana Silaturahmi Anak Negeri menegaskan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan di CCC, bukan bagian dari deklarasi IYL sebagai salah satu Bakal Calon Gubernur di Pilgub Sulsel tahun 2018 mendatang. “Saya mau klarifikasi, bahwa ini bukanlah Deklarasi pak Ichsan, ini kan yang menjadi wacana, bahwa kegiatan ini adalah deklarasi pak Ichsan,” ungkap Bendahara Panitia, Sugeng Mappanyompa.

Ia mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut murni adalah inisiasi relawan punggawa, julukan IYL. “Pak Ichsan sendiri pernah bilang, bagaimana caranya kita mau deklarasi, partai politik belum ada, calon wakil juga belum,” terang Sugeng.

Lebih jauh, dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut hanya syukuran biasa yang dikemas dalam bentuk doa bersama dan Zikir Akbar di HUT Ichsan Yasin Limpo. “Jadi yang melakukan kegiatan ini adalah relawan, Sebenarnya kegiatan ini hanyalah relawan mau ketemu-ketemu, tapi melihatnya bertepatan dengan Hari Ulang Tahun degan pak Ichsan maka kita konsep kegiatan seperti ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Silatuhrahmi Anak Negeri, Ian Latanro mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut juga akan ditayangkan film dokumenter Ichsan Yasin Limpo. Dalam kesempatan tersebut, IYL juga akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan, testimoni dan harapannya.

“Ini yang akan kita lihat nanti yang disampaikan oleh pak Ichsan, apakah merespon kegiatan ini, karena bentuknya hanya kegiatan Ulang Tahun dan doa bersama yang dipimpin oleh ustadz Arifin Ilham,” ungkap Ian.

[NEXT-RASUL]

Menurutnya, subyektifitas kegiatan tersebut berada pada IYL. Saat ditanya terkait adanya pernyataan politik resmi IYL untuk bertarung di Pilgub, Ian mengatakan bahwa tergantung dari Ketua PMI Sulsel itu. “Ada yang kita tunggu dalam orasinya pasti, itu juga yang membuat kita penasaran, kita lihat saja nanti,” jelasnya.

Terkait jumlah peserta yang hadir, Ian mengatakan selain dihadiri sekitar 5.000 relawan pemenangan, acara Silaturahmi Anak Negeri bakal dipadat Kepala Daerah dan Ketua Parpol. “Acara intinya silaturrahmi relawan dengan Pak Ichsan dan para tokoh sulsel. Selain itu yang diundang hadir besok kepala daerah se Sulsel dan Ketua Parpol, dan tokoh masyarakat Sulsel,” ujarnya.

Terkait jalur independen di Pilgub Sulsel, Sebelumnya, Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief mengatakan jika mengacu pada UU No 10/2016 Tentang Pilkada, sudah diatur tentang ketentuan jumlah minimal dukungan masyarakat. Khusus Pilgub Sulsel, pasangan calon membutuhkan dukungan sebanyak 7,5 persendari jumlah penduduk yang termuat pada Daftar Pemilih Tetap (DPT). Angka 7,5 persen ini diperoleh karena jumlah DPT Pilgub Sulsel berada di kisaran 6 juta jiwa sampai 12 juta jiwa.

Pada Pilpres 2014 lalu, jumlah DPT di Sulsel tercatat sebanyak 6.323.711 wajib pilih. Dengan demikian, pasangan calon yang menempuh jalur independen membutuhkan minimal 474.278 dukungan, dengan sebaran dukungan lebih dari 50 persen jumlah kabupaten/kota di Sulsel.”Sulit atau tidaknya jalur independen, saya kira itu tergantung dari calonnya dalam melakukan persiapan. Perlu diingat juga foto copy KTP tersebut tidak boleh terpusat pada satu daerah saja tapi harus tersebar. Kalau di Pilgub itu, minimal mesti tersebar pada 13 kabupaten/kota,” pungkasny. (E)


Tag
  • IYL
  •  
  • Pilgub 2018
  •  
    div>