Minggu, 26 Februari 2017

*PDIP Belum PeDe Usung Kader di Pilkada

Jago di Pusat, Loyo di Sulsel

Kamis , 12 Januari 2017 10:44
Penulis : SOFYAN BASRI
Editor   : LUKMAN
MAKASSAR,RakyatSulsel.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) boleh jadi jawara di Pileg 2014. Namun khusus Pilkada di Sulsel, partai berlambang banteng moncong putih ini nyaris hanya jadi penggembira.

PDIP sebagai partai penguasa dalam mengusung dan memenangkan Presiden ke-7, Joko Widodo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu, tidak berpengaruh secara signifikan pada peningkatan kepopuleran partai di Sulsel.

Sebagai contoh pada Pilkada serentak jilid pertama 2015 lalu, dari sebelas daerah yang ikut dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut di Sulsel, tidak ada satu pun kader PDIP yang duduk sebagai kepala daerah. Meski pada akhirnya PDIP Sulsel hanya mampu menggaet Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana dan Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Mallagani Kr Kio. Itu pun dilakukan setelah Pilkada.

Terkait hal itu, Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni mengakui, jika Golkar adalah partai yang paling berpengaruh di Sulsel. Tapi, kata dia, PDIP juga akan tetap tampil untuk bergerak dalam moment politik seperti Pilkada.

"Kalau soal partai berpengaruh di Sulsel tentu akan mengarah pada Partai Golkar, tapi kami di PDIP juga tidak akan ciut. Kami akan terus melakukan pembenahan struktur secara internal untuk selalu tampil dalam event politik di Sulsel," kata Rudy, Rabu (11/1).