SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Jajaran Direksi PD Parkir Yang Baru Langsung Berbenah

Reporter:

Armansyah

Editor:

Iskanto

Rabu , 10 Oktober 2018 09:20
Jajaran Direksi PD Parkir Yang Baru Langsung Berbenah

Ilustrasi (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pasca jajaran direksi di Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya dirombak, instansi yang mengatur persoalan perparkiran di Kota Makassar ini, langsung berbenah.

Direktur Utama (Dirut) PD Parkir, Satriani Ulfa Mungkasa, yang menggantikan Irianto Ahmad, menegaskan tugas utamanya setelah menduduki jabatan ini adalah membenahi seluruh persoalan parkiran yang ada.

“Salah satu fokus utama yang akan dibenahi PD Parkir yakni memperketat pengawasan terhadap para juru parkir (jukir) yang kerap membolehkan parkir kendaraan disembarang tempat, sehingga dampaknya timbul kemacetan dan kerap dikeluhkan oleh masyarakat,” ujarnya saat ditemui, Selasa (9/10).

Ia mengaku jika pihaknya akan terus intens mendata dan melihat apa yang menjadi persoalan perparkiran di Kota Makassar. Bahkan, pihaknya dalam seminggu turun langsung ke titik rawan macet yang ditimbulkan oleh oknum jukir.

“Teman-teman sudah turun, bahkan Dirops saya juga meninjau langsung apa permasalahan di lapangan,” kata Vivi, sapaan akrabnya.

Setelah perhelatan F8 nantinya, lanjutnya, PD Parkir akan terus menggalakkan pengawasan dan penertiban jukir yang kerap menjadi biang macet di beberapa titik.”Kita akan berikan edukasi lagi ke mereka (Jukir),” ucapnya.

Sementara, Direktur Operasional (Dirops) PD Parkir Makassar Raya, Syahril Sapaile menambahkan, kini pihaknya tengah fokus menata kembali perparkiran di Kota Makassar. Utamanya dijalan yang kerap menimbulkan kemacetan parah, misalnya di jalan Toko Satu Sama, depan Mall Panakkukang dan Pasar Segar.

“Kita tekankan kepada teman-teman di PD Parkir soal komitmen bahwa tidak ada lagi keluhan masyarakat soal parkir. Kita menata sedikit-sedikit supaya perparkiran bisa lebih baik,” tegasnya.

Kata Syahril, pasca dirinya dilantik menjadi Dirops PD Parkir Makassar Raya, dirinya langsung mengecek langsung kondisi di lapangan selama seminggu berturut-turut soal permasalahan yang hadir.

Termasuk kesiapan PD Parkir dalam event Makassar International Eight Festival dan Forum (F8), yang akan dibuka hari ini, Rabu (10/10). Ia mengaku menurunkan 40 jukir dan 8 pengawas, yang akan mengawal sistem perparkiran di kawasan Anjungan Pantai Losari yang menjadi lokasi kegiatan F8.

“Di kegiatan F8, PD Parkir akan tetap berkoordinasi dengan Dishub. Titik Parkir sudah kita tetapkan di CPI dan sekitar Siloam, kemudian ada di sekitaran Jalan Pasar Ikan dan Pattimura,” jelasnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi adanya jukir liar, pihaknya akan membekali semua jukirnya dengan id card dengan stempel dan tanda tangan Dirut PD Parkir. Selain itu, untuk menambah informasi kepada masyarakat terkait retribusi parkir, akan dipasangkan papan bicara.

“Nanti itu kita pasang tiap 10 meter ada jukir dan pengawasnya. Biar keberadaan jukir liar ini menghilang, terus kita akan pasang papan terkait harga parkir,” ujarnya.
“Kalau retribusi parkir untuk roda empat (mobil) itu Rp 5000 dan roda dua (motor) Rp 3000 karena ini insidentil,” tambahnya. (*)


div>