SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Jalan Boulevard Resmi Jadi Area CFD

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 10 April 2017 10:59
Jalan Boulevard Resmi Jadi Area CFD

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang didampingi Direktur Utama Harian Fajar Agussalim Alwi Hamu dan Ketua Panitia Car Free Day Boulevard yang juga Ketua LPM Kelurahan Masale Faizal Suyuti menanam pohon sebagai simbol soft launching Jl Boulevard sebagai area Car Free Day (CFD), Minggu (9/4). foto: doelbeckz/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jl Boulevard, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar akhirnya resmi menjadi area Car Free Day (CFD) yang akan berlaku setiap hari Minggu.

Hal itu ditandai dengan soft launching dan penanaman pohon yang dilakukan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang didampingi Ketua PWI Sulsel Agussalim Alwi Hamu, Camat Panakukang Tahir Rasyid, Danramil Panakkukang Mayor Agus Rohmad Hidayat, dan Ketua Panitia Car Free Day Boulevard yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Masale, Faizal Suyuti.

Pada kesempatan ini, meskipun baru tahap sosialisasi, namun animo masyarakat sangat tinggi menggunakan area ini dengan sejumlah aktivitas, seperti jogging, lari, bersepeda, dan lainnya.

Agus sangat mengapreasi kinerja pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar karena bisa membuat CFD lebih banyak. Menurutnya, dengan banyaknya CFD, masyarakat yang ingin berolahraga pagi pada hari Minggu tidak berfokus pada satu tempat saja, sehingga olahraga makin efektif karena tidak berdesak-desakan.

“Langkah Pemkot Makassar sangat baik dengan memaksimalkan lokasi CFD lebih banyak, dengan begitu, masyarakat yang ingin berolahraga tidak akan jauh-jauh lagi jika ingin ke lokasi,” tuturnya diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (10/4).

Rencananya, grand launching jalan Boulevard sebagai area CFD baru akan dilaksanakan Minggu, 23 April 2017 mendatang. “Ini baru soft launching, sebagai perkenalan dan sosialisasi. Memang kita masih banyak kekurangan, mulai dari parkiran dan masih ada beberapa kendaraan roda empat dan dua masuk di area car free day, Minggu depan kita akan maksimalkan agar pada saat grand launching bisa berjalan dengan baik,” kata Faizal Suyuthi, Ketua LPM Kelurahan Masale.

Faizal menyebutkan, selain parkiran kendaraan, pedagang kaki lima juga akan ditata dengan baik. Keputusan menjadikan Jl Boulevard sebagai area car free day itu, merupakan kesekatan warga di Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang.

“Ini merupakan inisiatif warga Kelurahan Masale. Kita sudah lima kali rapat dan juga sudah melakukan audiensi dan melaporkan hal ini ke Bapak Wali kota Makassar. Pak Wali bahkan sangat bangga dan memberikan pujian luar biasa, karena ini murni usulan warga. Ini berbeda dengan lokasi car free day lainnya di Makassar, yaitu di Jl Jenderal Sudirman dan Jl Penghibur (Pantai Losari) yang murni kebijakan serta program pemerintah,” terangnya. (***)


div>