SELASA , 16 OKTOBER 2018

Jalur Domisili PPDB Kembali Buka Tanggal 2-7 Juli

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Jumat , 29 Juni 2018 09:45
Jalur Domisili PPDB Kembali Buka Tanggal 2-7 Juli

Ilustrasi

*Untuk Memenuhi Kuota Jalur Afirmasi, Jalur Khusus dan Jalur Prestasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Panitia Pelaksana Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK meminta kepada seluruh orang tua siswa, agar tidak khawatir apabila anaknya tidak lulus pada jalur domisili tahun ini. Pasalnya pihak pelaksana kembali akan membuka jalur domisili pada 2 hingga 7 Juli 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan M Basri, selaku ketua panitia PPDB online 2018. Menurutnya sesuai peruntukan kuota pada masing-masing sekolah, masih ada beberapa sekolah yang tidak terpenuhi kuota siswanya pada jalur afirmasi, jalur khusus, serta jalur prestasi.

“Kalau ini terpenuhi maka kuotanya bisa sesuai, karena tidak semua bisa ikut di jalur afirmasi,” ujar M Basri.

Jalur afirmasi ini, lanjut Basri, merupakan jalur PPDB dengan kriteria khusus, yakni jalur bagi siswa tidak mampu, yang dibuktikan dengan kartu Program Keluarga Harapan (PKH). Sementara jalur khusus diperuntukkan bagi calon siswa baru pindahan dari daerah lain.

“Sementara jalur prestasi merupakan jalur siswa baru yang memiliki sejumlah prestasi baik kabupaten, kota, provinsi maupun prestasi secara nasional,” paparnya.

Selain itu, kata M Basri, karena jalur afirmasi dan jalur khusus masih kosong, alias tidak terpenuhi, maka dilanjutkan tanggal 2 Juli pendaftaran jalur domisili.

“Jalur domisili ini bisa bergeser hingga 70-80 persen. Tapi tidak seragam tergantung kondisi sekolahnya,” paparnya.

Dia melanjutkan, untuk jalur akademik dengan kuota 42 persen, seluruh terisi malah peminatnya membeludak.

Sejauh ini, masih ditemukan sejumlah kendala dan persoalan pasca pengumuman PPDB. Salah satunya saat pengumuman, Kamis (28/6), pagi hingga siang, website e-Panrita sangat susah diakses.
Terkait persoalan itu, M Basir mengaku, akan segera mengevaluasi dan membenahi sejumlah persoalan yang ada.

“Kami akan segera mengevaluasi seluruh permasalahan dan memperbaikinya,” pungkasnya. (*)


div>