KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Jamaah : Cabut Saja Jenggotnya Hamza Mamba

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Iskanto

Kamis , 27 September 2018 08:40
Jamaah : Cabut Saja Jenggotnya Hamza Mamba

Hamza Mamba

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sejumlah jamaah meneriaki Hamza Mamba saat Pengadilan Negeri (PN) Makassar melakukan sidang lanjutan kasus penipuan, penggelapan dan tindak pidana pencucian uang yang menyeret nama Direktur Utama (Dirut) PT Abu Tours, Hamzah Mamba.

“Jangan bela perampok, tegakkan keadilan, kembalikan uang uang jemaah, cabut saja jenggotnya,” gemuruh jamaah saat penasehat membacakan eksepsi dari pihak yang dakwah yakni Hamsa Mamba, Rabu (26/9).

Eksepsi yang dibacakan oleh penasehat hukumnya, yaitu Hendro Saryanto, M Taufik Harahap, Irianto Subiakto terdiri dari beberapa poin. Diantaranya yakni salah satu kesalahan hukum, dakwa kesalahan yang dilakukan secara pribadi, dakwa sebagai tuduhan tidak menyalahkan diri sendiri, bukti-bukti hukum.

”Dakwaan tidak jelas, siapa saja calon Jemaah umrah saksi dan korban. Uraian perbuatan yang didakwakan tidak lengkap, dan kami mohon setia Hamzah Mamba dikeluarkan dari sel tahanan,” ungkap Hendro Saryanto, pengacara Hamzah dalam eksepsinya

Selain itu, Hamzah Mamba juga mengaku tidak bersalah sebagaimana dakwaan jaksa penuntu umum dengan pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Lewat pengacaranya ia mengaku tidak ada niatan untuk melakukan pencucian uang apalagi mencuri

”Kami anggap ini sangat keliru, bukan hukum. Kami tidak bisa melakukan apa pun. Bagaimana niat baik Hamzah untuk mengatasi uang jika ia mencuri, aset dan asetnya disita, kan kasihan juga jemaah,” ungkapnya. (*)


div>