SELASA , 12 DESEMBER 2017

Jambi Siap Mengekor Program Pemkot Makassar

Reporter:

Editor:

Rasmi

Rabu , 04 Oktober 2017 18:35
Jambi Siap Mengekor Program Pemkot Makassar

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM  – Berbagai inovasi yang digagas oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menarik minat Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Ketertarikan itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Syarif saat bertandang ke war room yang berada di lantai sepuluh Menara Balaikota, Rabu, 4 Oktober 2017.

“Jambi siap mengekor program Pemerintah Kota Makassar,” singkat Wali Kota Fasha.

Dijelaskannya, sejak dua tahun lalu, Kota Jambi telah mengadopsi salah satu program unggulan Makassar di bidang kesehatan.

Program Home Care (Dottoro ta) diakui Wali Kota Fasha sangat membantu warganya selama dua tahun diterapkan di Jambi.

Warga Jambi khususnya yang berpenghasilan menengah ke bawah mendapatkan kemudahan dalam pelayanan kesehatan gratis selama 24 jam tanpa harus mengantri di loket rumah sakit atau Puskesmas.

“Selain home care, inovasi Pak Wali Kota Makassar masih banyak yang bisa kami adopsi. War room salah satunya,” lanjut Wali Kota Fasha.

Ia mengakui teknologi War Room Makassar sangat canggih. Ada 256 kamera CCTV (Closed Circuit Television) yang tersebar di 256 titik di Kota Makassar.

Seluruhnya terintegrasi dengan monitor LED berjumlah 21 unit yang berada di war room. Setiap kejadian yang tertangkap kamera CCTV dapat direkam dan tersimpan aman di server milik Pemerintah Kota Makassar.

“Keunikan dari penerapan Smart City di Makassar terletak pada menyandingkan budaya atau kearifan lokal Makassar dengan teknologi. Kami menyebutnya Sombere dan Smart City,” terang Wali Kota Danny.

Hal itu, kata Wali Kota Danny, memudahkan masyarakat menerima inovasi dari pemerintah kota dan menerapkannnya dalam kehidupan sehari – hari.

Kunjungan Wali Kota Jambi Syarif Fasha ke Makassar bersama jajaran muspida untuk mengenal lebih jauh teknologi War Room Makassar yang gaungnya kian mendunia sejak diintegrasikannya dengan Command Room milik Polrestabes Makassar.

Pengakuan yang datang dari Kapolri Jenderal Tito Carnavian memantik rasa penasaran sejumlah kota, termasuk Jambi. Selain itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin juga pernah memboyong jajaran pemerintahannya berguru teknologi War Room Makassar.

“Kami akan adaptasi teknologi ini. Apalagi seluruh kota benar – benar terpantau lewat War Room,” cetus Wali Kota Fasha.

Selain mampu merekam kondisi kota selama 24 jam, War Room Makassar juga dapat memantau sejumlah program unggulan Pemerintah kota Makassar.

Seperti rute Tangkasa ki, Home Care hingga layanan call center 112 yang beroperasi selama 24 jam. Keseluruhannya dapat terpantau di War Room.


Tag
div>