SENIN , 23 JULI 2018

Jangan Coba-coba Bunuh Diri, BPJS Tidak Menanggung Biaya Pengobatannya

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 03 Februari 2016 16:39

PAREPARE, RAKYATSULSEL. COM – Berhati-hatilah dalam memutuskan sesuatu yang dapat berakibat fatal bagi anda, termasuk mencoba melakukan bunuh diri. Sebab, percobaan bunuh diri merupakan satu di antara sekian jenis kasus yang biaya penanganan dan pengobatannya tidak ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Informasi ini diungkap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Parepare, Alfiana Latumakulita kepada Rakyat Sulsel usai Konferensi Pers, Rabu (3/2). Disebutkan, selain upaya bunuh diri, mengonsumsi narkoba, mempercantik diri dengan kosmetik atau upaya mendapatkan keturunan juga tidak dicover dalam biaya BPJS Kesehatan.

“Sengaja bunuh diri memang tidak ditanggung BPJS, narkoba, kosmetik, dan upaya mendapatkan keturunan tidak ditanggung. Itu sudah aturan,” jelas Alfiana. Selain itu, ia juga menegaskan, sepanjang ada indikasi medis bagi pasien, maka segala biaya pengobatannya barulah ditanggung BPJS Kesehatan.

Pertanyaan bagaimana orang miskin yang mencoba bunuh diri, Alfiana menguraikan ada lembaga tersendiri yang bisa memberikan bantuan, seperti kantor Dinas Sosial. “Tugas RW/RT mendata warganya, jika ada kasus seperti itu maka bisa saja minta bantuan di lembaga terkait seperti Dinas Sosial,” terangnya. 

Sebelumnya, seorang warga Parepare bernama Mira sempat mempertanyakan kepada Rakyat Sulsel tentang kasus percobaan bunuh diri yang tidak dibiayai dalam BPJS Kesehatan di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare.

“Tidak ditanggung memangkah biaya pengobatan dalam BPJS Kesehatan kalau kasus upaya bunuh diri?” tanya Mira belum lama ini kepada Rakyat Sulsel.


div>