Jangan Selalu Salahkan Pemkot | Rakyat Sulsel

Jangan Selalu Salahkan Pemkot

Jumat , 08 Juni 2012 11:13
Total Pembaca : 341 Views
ANWAR SALAM, Ketua Umum FKBM

Baca juga

ANWAR SALAM, Ketua Umum FKBM

RAKYAT SULSEL — GAGALNYA Kota Makassar meraih Piala Adipura, tidak sepenuhnya tanggung jawab pemerintah kota, namun seluruh lapisan masyarakat. Meski begitu, Pemkot memang harus lebih proaktif mengkampanyekan kebersihan lingkungan.

Ketua Forum Komunikasi Bersama Makassar (FKBM), Anwar Salam, mengatakan, sebenarnya Pemkot telah bekerja keras menjaga kebersihan. “Seharusnya, kedepan kita harus bersinergi masyarakat dan pemerintah bahu-membahu melakukan introspeksi, dengan sadar menggelar kegiatan bakti sosial bersih-bersih,” jelasnya.

Berikut wawancara Harian Rakyat Sulsel dengan Ketua FKBM, Anwar Salam, kemarin.

 

+ Apa pendapat Anda tentang gagalnya Makassar meraih Piala Adipura Tahun 2012?

- Gagalnya Pemerintah Kota Makassar meraih Piala Adipura, tidak sepenuhnya ditanggung Pemerintah Kota Makassar. Namun ini menjadi tanggung jawab kita sebagai warga Makassar agar masih memiliki kesadaran untuk melakukan tindakan konkret, misalnya menjaga kebersihan.

 

+ Namun, perlu dibutuhkan dorongan dari pemerintah untuk mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan?

- Itu wajib. Apalagi dengan gagalnya kali ini meraih adipura, Pemkot memang harus lebih proaktif mengkampanyekan kebersihan lingkungan.

 

+ Anda ini Ketua Forum Komunikasi Bersama Makassar (FKBM) yang memang pemerhati lingkungan khususnya di Kota MAkassar. Sebagai masyarakat, apa yang akan Anda lakukan?

- Kami di FKBM memang sangat memperhatikan kondisi lingkungan yang ada di Makassar. Karena, pemerintah tidak mampu bekerja sendiri tanpa ada dukungan masyarakatnya. Dengan forum ini, kami akan melakukan kerja-kerja sosial, mengajak masyarakat berpartisipasi untuk gerakan bersih yang akan intens kami lakukan.

 

+ Anda mendengar beberapa waktu lalu, Pemkot dalam hal ini Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin didemo masyarakat terkait gagalnya Adipura karena kesalahan masyarakat, bagaimana Anda melihatnya?

 

- Kalau menurut saya, sebenarnya pemkot telah melakukan upaya maksimal dalam menjaga kebersihan. Seharusnya, kedepan kita harus bersinergi masyarakat dan pemerintah bahu-membahu melakukan introspeksi, dengan sadar menggelar kegiatan bakti sosial bersih-bersih.

 

+ Apa rencana FKBM kedepan?

 

- Rencana kami akan menggelar kerja bakti, dengan melakukan gerakan bersih halaman yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Tallo, di Kelurahan Ujung Pandang Baru Makassar tanggal 10 Juni 2012. Mengajak masyarakat, untuk turut serta menjaga lingkungan di sekitar rumah agar terbangun kesadaran yang dimulai dari tingkat bawah. (RS9/D)