RABU , 21 NOVEMBER 2018

Jangan Tergiur Harga Murah !

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 21 Agustus 2017 09:44
Jangan Tergiur Harga Murah !

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Sulsel mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak tergiur biaya murah, yang ditawarkan travel umroh dan haji. Masyarakat harus lebih cerdas dalam memilih travel, untuk berhaji ataupun umroh.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sulsel, Kaswad, mengatakan, banyak calon jemaah yang batal berangkat haji ataupun umroh, karena gagal dalam memilih travel. Terbaru, beberapa warga asal Sulsel harus kecewa setelah ditipu travel penyelenggara haji dan umroh asal Jakarta, Prima Unggul Wisata. Para korban telah melapor ke Bareskrim Polri.

“Masyarakat harus lebih cerdas memilih travel untuk berhaji ataupun umroh. Apakah travel tersebut sudah memiliki ijin dari Kemenag atau belum. Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak tergiur dengan travel yang menawarkan biaya murah, tetapi tidak memiliki izin resmi,” kata Kaswad, Minggu (20/8).

Menurut Kaswad, pihaknya telah melakukan pengawasan ketat, sekaligus memberikan pembinaan bagi travel yang tercatat di Kanwil Kemenag Sulsel. Utamanya, agar selalu memperhatikan pelayanan dan kenyamanan bagi jemaah setiap travel.

“Khusus di Makassar, kami sudah melakukan pengawasan secara ketat. Yang sulit itu yang tidak terdaftar. Nah, ini kami serahkan kepada pihak kepolisian karena sudah pidana penipuan,” ungkapnya.

Bagi travel yang sudah terdaftar dan diberikan pembinaan namun tetap melakukan pelanggaran, maka Kanwil Kemenag Sulsel merekomendasikan ke pusat untuk dicabut izinnya.

[NEXT-RASUL]

“Kemenag Pusat yang berwenang untuk melakukan atau memberikan perizinan dan juga pencabutan izin. Kami hanya sebatas memberikan rekomendasi,” imbuhnya.

Terpisah, Sekertaris Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) DPD Sulawesi, Maluku, dan Papua, Nur Hayat, berharap, pemerintah harus memberikan regulasi yang jelas kepada travel agar tidak bebas dalam memberikan penawaran kepada calon jemaah. Selain izin yang jelas, travel juga harus memberikan kepastian waktu keberangkatan kepada jemaah.

“Hal ini menyangkut ibadah, dan bukan perkara main-main. Sama halnya dengan usaha lain, travel harus punya komitmen yang jelas,” tegasnya.

Ia mengusulkan agar travel memberikan harga batas penawaran umroh, dan tidak memberikan harga yang bervariasi alias memberikan paket-paket, agar tidak terlihat spekulatif. Travel juga wajib memberikan pelayanan prima kepada calon jemaah. (mg04/dwi/c)


Tag
  • umrah murah
  •  
    div>