MINGGU , 22 JULI 2018

Jaring Kandidat Bawaslu Sulsel Terbaik, Timsel Gencar Sosialisasi di Daerah

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 11 Maret 2018 20:29
Jaring Kandidat Bawaslu Sulsel Terbaik, Timsel Gencar Sosialisasi di Daerah

Timsel Bawaslu Sulsel saat menggelar sosialisasi di Bone.

BONE, RAKYATSULSEL.COM – Timsel Bawaslu Sulsel melaksanakan sosialisasi di Kabupaten Bone untuk menjaring kandidat terbaik sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan UU. Sosialisasi yang dihadiri langsung Sekretaris Timsel Bawaslu, Nurjannah Abna, ini digelar di SoulCoffee, Kab Bone, Minggu (11/3).

Di awal acara, Dosen Fakultas Sastra UMI ini mengapresiasi Ketua Panwas Bone, H Jumriah, M.Pdi bersama komisioner Panwas Bone, telah memberikan dukungan pelaksanaan sosialisasi ini dengan menghadirkan tokoh, pemuda, akademisi, LSM, dan penyelengara pemilu baik tingkat kecamatan dan desa.

Nurjannah Abna yang juga Putri Daerah Bone ini menyampaikan bahwa tahapan seleksi telah dimulai dengan mengumumkan melalui media cetak, media elektronik dan media sosial informasi pembukaan pendaftaran calon Bawaslu Sulsel periode 2018-2023.

“Tentunya menjaring calon atau kandidat potensial untuk ikut ambil bagian dari seleksi ini maka kami melakukan sosialisasi di 24 kab/kota, tentunya dengan harapan kandidat potensial yang ada di daerah mereka bisa daftar,” kata Nurjannah.

Mantan Wakil Ketua DPD KNPI Sulsel ini memaparkan, syarat sebagai calon Bawaslu dan juga kelengkapan berkas yang harus dilampirkan, diantaranya para calon yang akan mendaftar, memiliki integritas, kepribadian yang kuat, jujur, adil dan amanah.

“Calon juga diwajibkan terbebas dari partai politik, atau sudah mundur lima tahun sebelumnya agar mereka bisa independen dan netral. Selain itu, teman-teman juga harus memiliki pengetahuan dan tata kelola pemilu. Karena tugas mereka mengawasi jalannya pemilu,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, alumni UMI ini juga menyampaikan tahapan pertama rekruitmen yaitu: Penerimaan Penndaftaran tanggal 12- 20 Maret 2018, Perbaikan berkas persyaratan tanggal 12-22 Maret 2018 dan Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi tanggal 2 April 2018.

Diakhir pertemuan, Nurjannah menegaskan bahwa ada tiga tahapan yang akan diikuti. Dari tahapan yang ada, timsel bertugas menyeleksi nama yang kemudian diserahkan ke Bawaslu RI untuk selanjutnya ditetapkan tujuh orang sebagai komisioner Bawaslu Sulsel masa amanah 2018-2023. (*)


div>