JUMAT , 20 JULI 2018

Jauh Dimata Jauh Dihati: Tosi’, Diujung Barat Tana Toraja

Reporter:

Editor:

Lukman

Jumat , 15 Juni 2018 12:51
Jauh Dimata Jauh Dihati: Tosi’, Diujung Barat Tana Toraja

int

TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Tosi’, adalah sala satu perkampungan diujung bagian barat kec. Simbuang Kab. Tana Toraja kondisinya sangat memprihatinkan.

Kecamatan Simbuang, sejak mekarnya dari kecamatan Bonggakaradeng tahun 2010 selalu jadi sorotan publik karena kondisinya masih dalam kondisi yang terisolir di beberapa bagian perkampungan diantara kecamatan lainnya di Tana Toraja.
Jarak tempuh untuk sampai ke Kecamatan ini hanya sekitar 100 km namun kadang ditempuh dengan perjalanan sekitar 5-6 jam disaat-saat musim hujan tiba.

Untuk sampai di perkampungan Tosi’, akan lebih cepat sampai jika ditempuh dengan berjalan kaki karena medan untuk sampai kesana begitu menantang dan extrime yang melaui tebing dan jalan yang begitu terjal.
Perkampungan ini (Tosi’) adalah bagian dari Kecamatan Simbuang Kabupaten Tana Toraja yang sala satunya perkampungan di kecamatan Simbuang yang sampai saat ini masih begitu terisolir dan dihuni masyarakat sekitar 17-19 kepalah keluarga atau sekitar 70an warga, hingga saat ini masih belum terjangkau jaringan seluler dan juga lampu penerangan seperti PLN/Turbin sehingga masyarakat sekitar menggunakan alat penerangan alah kadarnya saja (Dama’, Lentera).

Hal yang memprihatinkan juga adalah soal Puskesmas yang begitu jauh dari perkampungan ini sehinnga untuk bisa berobat masyarakat sekitar harus menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam untuk sampai ke Pusjesmas Lekke’ dan soal gedung sekolah, masih menggunakan gedung alah kadarnya untuk mendidik anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD).

Olehnya itu, sebagai bagian pemuda aktivis asal kecamatan simbuang (Pasa Maraya), saya ingatkanki Pak/Ibuk (Pemda Tana Toraja), jangki’ biarkan rakyatta’ bodoh, diujung barat Tana Toraja (Tosik) ada sekelompok anak negeri menyanyi riang meratapi kemerdekaan Bangsanya yang ingin merasakan juga hal yang sama dirasakan anak-anak Negeri lainnya di Kabupaten Tana Toraja.


div>