KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Jelang Idul Adha, Dinas PKP Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Rabu , 08 Agustus 2018 22:19
Jelang Idul Adha, Dinas PKP Periksa Kesehatan Hewan Kurban

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Dinas Peternakan Kelautan, dan Perikanan (PKP) Kota Parepare melakukan pemeriksaan hewan qurban di sejumlah titik penjualan hewan kurban yang berada di Kota Parepare, Rabu (8/8/2018).

Dokter Hewan Dinas PKP Parepare, Nurdin mengatakan pemeriksaan bertujuan untuk mencegah sedini mungkin penyebarluasan penyakit pada hewan kurban, karena akan dikonsumsi masyarakat.

“Kita harus pastikan kelayakannya sebelum dikurbankan,” ujar drh Nurdin.

Nurdin menjelaskan, selain sehat ada beberapa kriteria yang harus ada pada hewan kurban, salah satunya dari segi umur.

“Kalau sapi disyaratkan minimal dua tahun, sedangkan kambing atau domba disyaratkan enam bulan. Umur hewan bisa dilihat dari giginya, yaitu pergantian dari gihi seri ke gigi permanen. Hewan kurban juga harus sehat, ini bisa dilihat saat hewan qurban tidak cacat, tidak mengidap penyakit, dan tidak pincang. Kriteria ini sangat diharuskan untuk kelayakan hewan kurban,” urainya.

Sementara, Kepala Dinas PKP Parepare, Rostina mengatakan, hewan layak kurban akan diberikan sertifikat.

“Jadi kami mengimbau, jika sapi tidak memiliki sertifikat atau tidak ada tanda piloks di tubuh hewan kurban berarti belum memenuhi syarat sebagai hewan qurban,” tegasnya.

Untuk stok daging sapi lanjutnya, Kota Parepare sendiri melebihi kebutuhan.

“Kebutuhan di Parepare berkisar 700 hingga 800 ekor sapi, sementara ada 1.300 ekor sapi yang tersedia. Jadi aman, bahkan surplus,” tukas Rostina. (MP1)


div>